Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTT ASEAN, Bakal Ada Pusat Informasi Turis di Labuan Bajo

Kompas.com - 03/05/2023, 16:09 WIB
Nansianus Taris,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menyiapkan HelpDesk dan Tourism Information Center (TIC) atau pusat informasi turis di 10 titik di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN.

HelpDesk dan TIC rencananya akan dihadirkan di bandara dan hotel delegasi untuk memudahkan akses informasi seputar wisata Labuan Bajo dan aktivitas sepanjang KTT ASEAN 2023.

"Melalui Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores, kita ada HelpDesk dan TIC, ada 10 titik, di delapan hotel official dan juga di bandara," kata Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri Adnyani dalam Media Gathering Persiapan KTT ke-42 ASEAN di Hotel Jayakarta Labuan Bajo, Manggarai Barat, Selasa (2/5/2023).

Baca juga:

Nantinya, akan ada 20 petugas yang terbagi pada 10 titik. Mereka akan mengenakan pakaian adat untuk menunjukkan kekayaan budaya daerah.

Adapun HelpDesk dan TIC akan tersedia mulai 8 Mei.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Pasar rakyat dan karnaval

Selain menyiapkan HelpDesk dan TIC, Kemenparekraf juga menyiapkan Pasar Rakyat atau Street Carnival yang melibatkan 40 UMKM lokal.

Kegiatan yang akan berlangsung pada 7 hingga 13 Mei 2023 nanti diharapkan dapat melibatkan 3.000 orang sehingga ada perputaran ekonomi di sana.

Baca juga:

Dikutip dari Kompas.com (29/4/2023), pesta rakyat tersebut terdiri dari bazar kuliner, pertunjukan musik dan budaya, serta fashion show.

Adapun karnaval yang dihadirkan akan digelar di beberapa titik berbeda, seperti di Lapangan Waesambi dan Goa Batu Cermin.

"Dengan adanya event ini kami berharap menunjukkan Indonesia tidak hanya memiliki Bali tapi masih banyak destinasi berkualitas di luar Bali, salah satunya Labuan Bajo," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com