Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Motoran di Jalan Rusak dan Penuh Lubang, Jangan Rem Mendadak

Kompas.com - 05/05/2023, 16:31 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com - Kondisi jalan menuju sejumlah tempat wisata di beberapa daerah Indonesia, saat ini masih jelek dan kurang baik.

Apalagi kalau tempat wisata itu masih tersembunyi dan belum terlalu dikenal. Jalan bergelombang dan berlubang biasanya akrab dijumpai. Mungkin wisatawan bisa jadi kasihan terhadap masyarakat setempat yang setiap hari harus melalui jalan jelek semacam itu.

Saat melintasi jalan jelek menuju tempat wisata, pengendara pun harus berhati-hati karena rawan menyebabkan kecelakaan, khususnya mereka yang mengendarai sepeda motor. 

Baca juga: Mobil Jokowi Tersangkut Saat Melewati Jalan Rusak di Lampung

Berikut ini Kompas.com rangkum 6 tips naik sepeda motor melewati jalan jelek dan penuh lubang yang dikutip dari postingan akun Twitter resmi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (@hubdat151), Jumat (5/3/2023):

1. Hindari rem mendadak

Pengendara sepeda motor hendaknya tidak melakukan pengereman secara mendadak ketika melewati jalan yang rusak dan penuh lubang.

Ilustrasi: Pengguna jalan melintas di ruas Jalan Gatot Soebroto, Kawasan Semanggi, Jakarta Selatan, Selasa (10/1/2012). Di sepanjang ruas jalan tersebut dari Slipi menuju Kampung Melayu banyak terdapat lubang-lubang jalan yang bisa membahayakan pengguna jalan.KOMPAS/WISNU WIDIANTORO Ilustrasi: Pengguna jalan melintas di ruas Jalan Gatot Soebroto, Kawasan Semanggi, Jakarta Selatan, Selasa (10/1/2012). Di sepanjang ruas jalan tersebut dari Slipi menuju Kampung Melayu banyak terdapat lubang-lubang jalan yang bisa membahayakan pengguna jalan.

Itu karena mengerem mendadak rawan menyebabkan selip. Terlebih, jalan rusak biasanya licin karena terdapat banyak pasir saat kering dan lumpur saat basah terkena hujan.

2. Jangan ngebut

Pengereman mendadak bisa dihindari, salah satunya dengan cara tidak memacu sepeda motor terlalu kencang.

Dengan begitu, pengendara bisa melakukan pengereman secara perlahan ketika tiba-tiba ada lubang di jalan, sehingga meminimalkan risiko selip.

Baca juga: Momen Jokowi Lintasi Jalan Rusak di Lampung: Melaju Pelan dengan Mobil Kepresidenan

Selain itu jika melaju terlalu kencang dan tiba-tiba ada lubang di jalan, pengendara bisa mengalami kecelakaan karena sepeda motor terperosok di lubang dalam kecepatan tinggi karena tidak sempat memperlambat laju kendaraan.

3. Posisikan tubuh dengan baik

Posisi tubuh saat mengendarai sepeda motor, terutama di jalan rusak, harus diperhatikan, yakni dengan tegak.

Presiden Joko Widodo melintasi jalanan rusak dalam kunjungannya ke Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023). Dalam kunjungan ini Jokowi menyatakan jika pemerintah daerah tak mampu memperbaiki jalan yang rusak maka akan ditarik ke pusat.Istimewa/Agus Suparto Presiden Joko Widodo melintasi jalanan rusak dalam kunjungannya ke Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023). Dalam kunjungan ini Jokowi menyatakan jika pemerintah daerah tak mampu memperbaiki jalan yang rusak maka akan ditarik ke pusat.

Hal itu agar keseimbangan di atas sepeda motor tetap terjaga dengan baik saat berupaya melewati jalan rusak.

4. Pegang setang dengan benar

Setang harus dipegang dengan benar saat mengendarai sepeda motor, apalagi saat melewati jalan yang rusak.

Baca juga: Jokowi Cek Jalan Rusak di Lampung Setelah Sebelumnya Videonya Viral

Pastikan setang dipegang dengan dua tangan. Pegang setang dengan kuat, tetapi rileks agar sepeda motor tetap bisa dikendalikan dengan baik saat melintasi jalan rusak.

5. Fokus saat berkendara

Menikmati suasana di jalan memang menyenangkan. Namun, jangan sampai fokus memperhatikan jalan jadi hilang, apalagi jika kondisi jalan rusak.

Pengendara kendaraan bermotor menghindari jalan berlubang di Jalan Lingkar Selatan, Kota Cilegon, Banten, Sabtu (1/4/2023). Jalan utama menuju pelabuhan Ciwandan tersebut kondisinya berlubang dan rusak parah hingga foto ini diambil belum diperbaiki oleh pemerintah setempat. ANTARA FOTO/MUHAMMAD BAGUS KHOIRUNAS Pengendara kendaraan bermotor menghindari jalan berlubang di Jalan Lingkar Selatan, Kota Cilegon, Banten, Sabtu (1/4/2023). Jalan utama menuju pelabuhan Ciwandan tersebut kondisinya berlubang dan rusak parah hingga foto ini diambil belum diperbaiki oleh pemerintah setempat.

Hindari hal-hal yang membuyarkan fokus saat mengendarai sepeda motor, seperti bermain ponsel atau melamun.

6. Cari rute lain yang jalannya bagus

Agar pejalanan makin nyaman dan aman, kamu bisa mencari jalur alternatif yang kondisinya tidak rusak, jika ada.

Baca juga: Beredar Video Mobil Jokowi Terjebak di Jalan Rusak di Lampung, Ini Kata Pihak Istana

Terkadang jalan seperti ini memang agak memutar. Namun, bukankah lebih baik sedikit memutar tetapi kondisi jalannya bagus, daripada lebih cepat dengan jalan yang rusak?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com