Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel Terapung untuk KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Bisa Seruput Kopi sambil Nikmati Sunset

Kompas.com - 08/05/2023, 06:07 WIB
Nansianus Taris,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Sebagian besar panitia KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, akan menginap di hotel terapung. Hal itu disebabkan, hotel, homestay, dan kos-kosan milik warga sudah penuh.

Panitia KTT pun mengambil alternatif untuk menggunakan hotel terapung sebagai tempat penginapan panitia KTT Asean Summit di Labuan Bajo.

Tidak hanya panitia, sebagia njurnalis yang hendak meliput kegiatan KTT ASEAN 2023 juga mendapat tempat untuk menginap di hotel terapung.

Baca juga: Fasilitas Bandara Komodo di Labuan Bajo Siap Sambut Tamu KTT ASEAN 2023

Salah satu hotel terapung yang adalah KM Sinabung, milik PT Pelni. Kapal ini sudah tiba di Pelabuhan Marina Labuan Bajo, pada Sabtu (6/5/2023).

Fasilitas lengkap hotel terapung untuk KTT ASEAN 2023

Pada Minggu (7/5/2023), Kompas.com berkesempatan mengunjungi bagian dalam KM Sinabung. Ternyata fasilitasnya lengkap, mulai dari kamar tidur dengan bantal dan selimut.

Perlengkapan mandi, seperti handuk serta sabun juga sudah disiapkan. Begitu juga dengan sandal khusus untuk dipakai selama di dalam hotel terapung, KM Sinabung.

Di KM Sinabung ini juga ada kafe seperti hotel di daratan. Jadi, tamu KTT ASEAN dan jurnalis bisa menikmati kopi dan minuman lain di kafe tersebut sembari bercerita dengan rekan sejawat.

Kemudian, ada juga toko menyiapkan segala sesuatu sesuai kebutuhan. Ada pula ruang terbuka. Dari tempat itu, para tamu bisa menikmati keindahan Labuan Bajo dari berbagai sisi.

Baca juga: Tiba Meka, Tarian Khas Manggarai untuk Sambut Delegasi KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo

Bonusnya juga, tamu bisa seruput kopi menikmati sunset di balik gugusan pulau-pulau mungil sekitar Labuan Bajo. Ada juga poliklinik, wifi, dan mushola membuat para tamu nyaman.

Kapasitas hotel terapung untuk KTT ASEAN 2023

Vice President Usaha Penumpang Komersial dan Penunjang PT Pelni, Berryl Firdaus, menjelaskan hotel terapung itu memiliki kapasitas muatan mencapai 1.906 orang dengan jumlah kamar atau kabin yang tersedia 508 kamar. Ada juga dek ekonomi yang bisa menampung 1.396 orang.

"Sampai hari ini yang sudah registrasi melalui Kementerian Sekretariat Negara itu berjumlah 796 orang," jelas Berryl Minggu sore.

KTT ASEAN ke-42, Kemenhub Siapkan Kapal KM Sinabung Sebagai Akomodasi TerapungDok. Dirjen Perhubungan Laut KTT ASEAN ke-42, Kemenhub Siapkan Kapal KM Sinabung Sebagai Akomodasi Terapung

Ia menyebut, sejauh ini ada jurnalis media lokal dan 2 media asing yang sudah registrasi untuk menginap di KM Sinabung.

"Kapal ini disiapkan Kementerian Perhubungan, dan semuanya gratis," katanya.

Baca juga: Labuan Bajo Sediakan 38 Hotel untuk Akomodasi KTT ASEAN 2023

Ia mengatakan, keberadaan KM Sinabung sebagai salah satu jawaban dalam mengatasi minimnya tempat penginapan di Labuan Bajo selama pelaksanaan KTT ASEAN 2023.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com