Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pusat Informasi Turis di Labuan Bajo Saat KTT ASEAN 2023, Ada Apa Saja?

Kompas.com - 08/05/2023, 18:13 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Pemerintah akan menyiapkan pusat informasi turis atau Tourist Information Center (TIC) di Bandara Internasional Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) selama perhelatan KTT ASEAN/ASEAN Summit 9-11 Mei 2023.

Pusat informasi dihadirkan untuk memberikan informasi bagi para delegasi sehingga lebih mengenal beragam hal terkait potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Labuan Bajo dan sekitarnya.

"Sehingga mereka bisa mendapatkan informasi mengenai objek wisata, toko suvenir, kuliner, dan aktivitas yang dapat dilakukan di Labuan Bajo dan sekitarnya. Ini diharapkan bisa memberikan impresi yang baik bagi wisatawan, terutama peserta ASEAN Summit tentang Labuan Bajo," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo saat meninjau TIC di Labuan Bajo, Minggu (7/5/2023), seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Baca juga:

Apa saja yang bisa ditemukan para delegasi di TIC?

Tourist Information Center di Bandara Internasional Komodo, Labuan Bajo, NTT, Minggu (7/5/2023).DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Tourist Information Center di Bandara Internasional Komodo, Labuan Bajo, NTT, Minggu (7/5/2023).

Angela menjelaskan, beberapa informasi yang tersedia disematkan melalui kode QR, brosur penjualan paket wisata, pamflet, peta wisata Labuan Bajo, serta contoh-contoh produk ekonomi kreatif dari UMKM setempat.

"Kehadiran TIC ini kami harap juga bisa meningkatkan kesadaran masyarakat lokal akan pentingnya sektor pariwisata serta menjaga keberlangsungan pariwisata di Labuan Bajo," ucap dia.

Tak hanya di Bandara Komodo

Selain di Bandara Internasional Komodo, TIC juga tersebar di sembilan titik lain di Labuan Bajo.

Titik tersebut antara lain di Jayakarta Hotel, Sylvia Resort, Parlezzo, Flamingo Wae Cicu, Laprima Hotel, Luwansa Hotel, Hotel Bintang Flores, Loccal Collection, dan Meruorah Komodo Labuan Bajo Resort.

Baca juga: 9 Wisata Pantai Labuan Bajo NTT, Ada Waecicu dan Long Beach

"Saya berharap kehadiran TIC ini bisa memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi masyarakat Labuan Bajo. Sehingga sektor parekraf kita bisa semakin kuat," kata Angela.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com