Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Kolaborasi dengan Malaysia dan Thailand, Targetkan 60 Juta Turis

Kompas.com - 11/05/2023, 21:56 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berharap dapat menggaet 60 juta uris dari program yang diluncurkan pada acara KTT ASEAN 2023.

Adapun program yang dimaksud yakni Visit Year Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) 2023-2025.

"Tiga negara ini posisinya berdekatan baik secara geografis maupun kultur. Harapannya ada target awal 60 juta wisatawan bisa kita raih dengan visit year ini dan ada potensi tambahan devisa 75 miliar dollar AS," kata Sandi saat gelaran acara IMT-GT di Goa Baru Cermin, Labuan Bajo, Kamis (11/5/2023).

Baca juga:

Dikutip dari siaran pers Kemenparekraf, Kamis (11/5/2023), program Visit Year IMT-GT diyakini mampu meningkatkan konektivitas dan pertumbuhan di sektor pariwisata bagi tiga negara tersebut.

Indonesia dipercaya memimpin program visit ini, dan diharapkan bisa melibatkan 10 provinsi yang ada di Sumatera, Thailand Selatan, dan Malaysia.

"Dengan tiga isu utama pertama hilirisasi industri termasuk industri pariwisata, juga penguat konektivitas sehingga target bisa lebih meningkatkan kunjungan wisatawan," papar Sandi.

Sandi mengatakan, adapun langkah awal dalam realisasi program Visit Year IMT-GT yakni menginisiasi program pada pekan ini di Bangka Belitung dan Sumatera Selatan.

Baca juga:

Setelah itu, Sandi akan datang ke-10 provinsi yang ada di Sumatera, termasuk berkunjung ke event di Malaysia dan Thailand.

"Konektivitas antara Batam-Bintan dengan Malaysia-Johor dan beberapa destinasi lainnya untuk meningkatkan konektivitas dari ketiga negara," kata Sandi.

Usai kunjungan tersebut, Sandi mengatakan akan menggelar event world enterpreneur summit di Padang, Sumatera Barat.

Dalam hal ini, Sandi juga mengundang Perdana Menteri Malaysia, perwakilan dari pemerintah Thailand, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) ASEAN untuk turut menghadiri acara tersebut.

Pihak delegasi juga menyambut baik undangan tersebut, alasannya karena salah satu pilar yang akan didorong ialah wisata halal yang diangkat oleh Malaysia dan Thailand.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Presiden RI Joko Widodo dalam acara KTT ASEAN ini juga berharap agar IMT-GT mampu mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

"Mari kobarkan semangat kolaborasi, khususnya dengan peningkatan daya saing, konektivitas, pariwisata, dan investasi untuk mencapai visi IMT-GT tahun 2036," ujar Jokowi, Kamis (11/5/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com