Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulawesi Utara Targetkan 1 Juta Wisatawan China Selama 2023

Kompas.com - 14/05/2023, 16:13 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menargetkan 1 juta kunjungan wisatawan mancanegara asal China selama 2023.

Untuk diketahui, sebelum pandemi Covid-19, Sulawesi Utara memang merupakan daerah tujuan kedua wisatawan asal China, setelah Bali.

"Target 1 juta itu realistis karena dari 10 provinsi di China saja, target tersebut sudah tercapai," ujar Gubernur Sulut Olly Dondokambey ditemui di Beijing, Kamis (11/5/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga:

Saat ini, terdapat dua penerbangan carter (charter flight) dari Guangzhou di Provinsi Guangdong dan Kunming di Provinsi Yunnan dalam sepekan.

Kedua rute tersebut mengangkut pekerja asing dari China meunju Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah.

"Di setiap penerbangan ke Morowali itu ada 25 orang yang singgah untuk berwisata di daerah kami," ungkap Bendahara Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

Ia memastikan, akan ada penambahan penerbangan reguler dari China mulai Juli mendatang.

Adapun sebelum pandemi, terdapat 15 penerbangan langsung dari China menuju Manado, setiap pekannya.

Baca juga: 8 Oleh-oleh Makanan Tahan Lama Khas Manado, Ada Manisan Pala

Andalkan wisata bahari

Untuk mencapai target 1 juta wisatawan asal China, salah satu andalan Sulawesi Utara adalah wisata bahari.

Tiga orang nelayan di Pulau Nain, Sulawesi Utara (20/1/2018).SHUTTERSTOCK/RANGGAMAMENGKO Tiga orang nelayan di Pulau Nain, Sulawesi Utara (20/1/2018).

Menjadi provinsi paling utara di Pulau Sulawesi membuat Sulawesi Utara memiliki banyak pantai dan pulau-pulau kecil yang menarik untuk disinggahi.

"Kami punya tiga kabupaten kepulauan. Ini menjadi daya tarik tersendiri karena pantainya berpasir putih dan pemandangan bawah lautnya sangat indah," tutur Olly.

Selain keindahan pantai, tentunya kuliner laut yang beragam dengan harga yang relatif terjangkau juga menjadi andalan.

"Kami juga punya kuliner laut khas dengan harga terjangkau dan beragam," katanya.

Baca juga:

Di samping itu, bentang pegunungan yang dilengkapi area bermain paralayang juga menurutnya dapat dimanfaatkan untuk daya tarik wisatawan, khususnya wisatawan asal China yang menjadi salah satu target utama.

Adapun beberapa destinasi wisata bahari populer di Sulawesi Utara antara lain Taman Laut Bunaken, Pantai Malalayang, Pantai Pal, dan Pulau Lembeh.

Sulawesi Utara juga memiliki landmark berupa Patung Yesus Memberkati setinggi 34 meter, dengan bagian penopang sekitar 20 meter.

Beberapa festival populer juga mewarnai agenda tahunan di Sulawesi Utara, termasuk di antaranya Festival Bunga Internasional Tomohon dan Festival Bunaken.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Sumber Antara


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com