Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indahnya Sunset dan Sawah Jaring Laba-laba dari Puncak Empo Sanga, NTT

Kompas.com - 15/05/2023, 16:31 WIB
Markus Makur,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

REGO,KOMPAS.com – Sisi lain yang dapat dinikmati bagi para pelancong yang menjelajahi Pantai Utara dari Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), adalah mendaki puncak Bukit Empo Sanga untuk menyaksikan indahnya alam.

Pendaki bisa berburu sunset atau matahari terbenam dan melihat sawah yang unik berbentuk jaring laba-laba.

Warga lokal Desa Wontong, Kecamatan Macang Pacar sering mendaki puncak Empo Sanga untuk memburu matahari terbenam dan memandang sawah berbentuk jaring laba-laba. Untuk itu mereka membuat jalur trekking ke puncak Empo Sanga.

Baca juga: Pesona Bukit Empo Sanga di NTT, Tarik Minat Turis Inggris

Selain dua hal unik ini, para penjelajah yang suka tantangan dengan mendaki gunung dan puncak bebatuan alamiah, pilihan yang direkomendasikan adalah puncak bebatuan Empo Sanga.

Indahnya panorama dari Puncak Empo Sanga, NTT

Dari atas puncak Empo Sanga, para wisatawan dan warga lokal juga bisa melihat perkampungan dari berbagai sisi selatan, utara, barat dan Timur.

Sefry Jemandu, seorang guru di Desa Wontong, Kecamatan Macang Pacar, kepada Kompas.com, Senin, (15/5/2023) menjelaskan, pendaki bisa melihat keindahan laut di Bari, Ibu Kota Kecamatan Macang Pacar. Bahkan pulau-pulau kecil di sisi utara Manggarai Barat juga terlihat.

Puncak Empo Sanga, Desa Wontong, Kecamatan Macang Pacar, Manggarai Barat, NTT menjadi salah satu puncuk untuk memburu senja di sisi Utara dari Kabupaten Manggarai Barat, Rabu, (10/5/2023). (KOMPAS.com/DOK/GURU SEFRY JEMANDU/WARGA WONTONG/MABAR)KOMPAS.COM/DOK/GURU SEFRY JEMANDU/WARGA WONTONG Puncak Empo Sanga, Desa Wontong, Kecamatan Macang Pacar, Manggarai Barat, NTT menjadi salah satu puncuk untuk memburu senja di sisi Utara dari Kabupaten Manggarai Barat, Rabu, (10/5/2023). (KOMPAS.com/DOK/GURU SEFRY JEMANDU/WARGA WONTONG/MABAR)

"Rabu, 10 Mei 2023, seorang turis asal Inggris sangat betah berada diatas Puncak Empo Sanga dan menikmati keindahan sunset dan persawahan jaring laba-laba," ujar dia.

Menurut Jemandu, turis Inggris itu sangat terpukau dengan keunikan dan keindahan alam Pantai Utara dari Manggarai Barat.

Baca juga: Parade Berkuda di NTT, Penyambutan Unik untuk Jemput Tamu Penting

Jemandu melanjutkan, masih banyak wisata yang bisa dijelajah di kawasan pantai utara, sepeti Watu Timbang Raung, Danau EmpoSanga, hingga Bukit Empo Masang yang jadi tempat berjuang melawan penjajahan Belanda.

Rute ke Empo Sanga dari Labuan Bajo

Wisatawan yang berada di Kota Labuan Bajo bisa memilih jalan darat dan berlayar di Pantai Utara. Rute jalan darat, Kota Labuan Bajo menuju ke arah Timur dan belok kiri di Pertigaan Nggorang menuju ke Terang.

Ada beberapa alternatif tempat wisata di Terang, di antaranya, Sawah Terang, gua alam dan danau alamiah bernama Hano Limbung. Perjalanan berlanjut ke pertigaan Noa dan belok kiri ke arah utara.

Wisatawan bisa singgah di perkampungan tradisional Pacar dengan melihat compang pacar, bebatuan mezbah yang konon dibangun makhluk halus zaman dulu. Dari situ, lanjut ke Kampung Hita dan belok kanan menuju ke Kampung Rego.

Baca juga: Indahnya Perbukitan Utara Manggarai Barat NTT, Bertabur Sunrise dan Sunset

Singgah di Kampung Adat Rego dan Kengko, perjalanan berlanjut ke Kampung Ara dan belok kanan menuju ke Kampung Wontong, Desa Wontong, lalu bisa langsung ke kawasan Empo Sanga.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com