Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warganet Mengeluh Tiket Argo Parahyangan Mahal, Berapa Harganya?

Kompas.com - 16/05/2023, 15:10 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Sejumlah warganet kompak mengeluhkan harga tiket KA Argo Parahyangan semakin mahal. Dalam unggahan salah satu akun TikTok, harga tiket kereta api relasi Stasiun Gambir-Stasiun Bandung (pp) tersebut dibanderol Rp 250.000.

Harga tiket kA ParahyanganTangkapan layar akun Tik Tok @kikiprasetyo73 Harga tiket kA Parahyangan

Menanggapi keluhan masyarakat tersebut, Vice President Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan, tiket KA Argo Parahyangan termasuk ke dalam jenis tarif komersial.

"Tarif komersial sifatnya fluktuatif menyesuaikan dengan demand dari pelanggan," kata Joni, dikutip dari Kompas.com, Rabu (10/5/2023).

Baca juga:

Dengan kata lain, harga tiket KA Argo Parahyangan semakin tinggi ketika terjadi lonjakan permintaan. Begitu pula sebaliknya.

Namun demikian, Joni memastikan bahwa harga tiket KA Argo Parahyangan selalu berada dalam batas tarif yang ditentukan pemerintah.

"Tarifnya juga kami pastikan selalu berada dalam Tarif Batas Bawah (TBB) dan Tarif Batas Atas (TBA) yang telah ditetapkan," terang Joni.

Harga tiket Argo Parahyangan 

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 2 Bandung menambah satu armada kereta api (KA) untuk arus balik lebaran 2023.Tribun Jabar/Siti Fatimah PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 2 Bandung menambah satu armada kereta api (KA) untuk arus balik lebaran 2023.

Lantas, berapa harga tiket KA Argo Parahyangan yang disebut semakin mahal tersebut?

Sebelumnya perlu diketahui bahwa KA Argo Parahyangan melayani kelas eksekutif dan ekonomi.

Berdasarkan pantauan harga melalui laman KAI, harga tiket KA Argo Parahyangan kelas eksekutif dibanderol harga Rp 200.000, Rp 250.000, dan Rp 360.000 untuk KA Argo Parahyangan Priority. Perbedaan harga tersebut bergantung pada sub kelas kereta dan jadwal keberangkatan.

Baca juga:

Sementara, harga tiket KA Argo Parahyangan kelas ekonomi dibanderol harga Rp 150.000 untuk semua sub kelas kereta dan jadwal keberangkatan.

Data tersebut mengacu pada harga yang berlaku pada Rabu (17/5/2023). Namun demikian, harga tiket KA Argo Parahyangan tersebut tetap sama setidaknya hingga bulan depan, Kamis (15/6/2023), berdasarkan data di laman pemesanan tiket KAI.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com