Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Kategori Wisawatan Saat Mencari Penginapan, Kamu Tipe Apa?

Kompas.com - 18/05/2023, 19:41 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain menyiapkan rencana perjalanan atau itinerary liburan, memilih penginapan adalah hal penting yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan.

Tentunya, penginapan dipilih sesuai preferensi masing-masing orang.

"Tipe orang saat mencari penginapan itu macam-macam, ini biasanya sesuai dengan tujuan menginap, budget, dan siapa yang mencari penginapan," kata Regional VP Marketing ResDoorz Henry Manampiring di sebuah konferensi pers di Jakarta, Rabu (17/5/2023).

 Baca juga:

Henry menuturkan, sepanjang RedDoorz melayani pelanggan dalam memesan penginapan, setidaknya ada dua kategori wisatawan yang ditemui saat mencari penginapan.

"Tahun lalu kami bekerjasama dengan Telkomsel membuat survei kepada pengguna hotel, untuk tahu mereka itu memesan hotel yang seperti apa," ujarnya.

Baca juga: Artotel Casa Cikarang Dibuka, Ada Promo Menginap mulai Rp 490.000

Kategori wisatawan saat mencari penginapan

1. Wisatawan tipe esensial

Kategori pertama yaitu wisatawan tipe esensial, yaitu wisatawan yang mencari penginapan untuk tujuan tidur atau istirahat semata.

"Ada orang-orang yang menggunakan hotel itu sebagai tempat tidur saja buat menaruh koper atau barang bawaan saat berwisata," kata Henry.

Baca juga:

Biasanya, kata Henry, wisatawan tipe ini mencari penginapan dengan spesifikasi sederhana dan tidak muluk-muluk mencari kategori penginapan.

"Yang penting bersih, aman, dan lokasinya strategis, karena mereka liburannya di luar hotel," katanya.

Ilustrasi wisatawan di penginapan saat liburan.Dok. Shutterstock/Indypendenz Ilustrasi wisatawan di penginapan saat liburan.

2. Wisatawan tipe komplet

Sementara pada kategori komplet, wisatawan tipe ini mementingkan kelengkapan fasilitas untuk tujuan kenyamanan selama menginap saat liburan.

"Ada juga segmen yang menuntut hotel itu lengkap, dan mereka mau membayar lebih untuk penginapan" jelas Henry.

Baca juga: Siapa yang Harus Diberi Tip Saat Menginap di Hotel, Begini Aturannya

Wisatawan tipe ini biasanya datang dari kalangan keluarga yang membawa anak saat liburan, atau dari kalangan yang memang ingin menghabiskan sebagian waktu liburan di dalam penginapan saja.

"Menariknya, karakter setiap orang berbeda-beda saat liburan dan memilih hotel, itulah kenapa RedDoorz punya multibrand guna memenuhi kebutuhan market," pungkas Henry. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com