Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semarang Night Carnival Digelar 19 Mei 2023, Start dari Kota Lama

Kompas.com - 19/05/2023, 12:31 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan menggelar Semarang Night Carnival (SNC) pada Jumat (19/5/2023).

SNC menjadi pembuka dari rangkaian acara Semarak Jejak Kreatif 2023 yang merupakan kolaborasi antara tiga pihak. 

Ketiganya adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Dinas Kepemudaan Olah Raga da Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang.

Baca juga: Ada Pertunjukan Balon Udara Pertama di Semarang, Catat Jadwalnya

Selain itu, SNC kali ini juga merupakan salah satu acara dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke 476 Kota Semarang yang jatuh pada 2 Mei 2023.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Adapun SNC pada tahun 2023 ini akan jadi gelaran ke-13 karena sudah menjadi acara tahunan yang diselenggarakan di Kota Semarang.

Semarang Night Carnival 2023

Gelaran Semarang Night Carnival akan berlangsung meriah karena memadukan pertunjukan seni tari, drama, dan konstum karnaval.

Menurut Kepala Disbudpar Kota Semarang Wing Wiyarso Poespojoedho, dilansir dari Tribun Jateng, Jumat (12/5/2023), tema SNC tahun 2023 adalah "The Luxury" yang berarti kemewahan, keindahan, dan kenyamanan. Sementara itu, subtema pada SNC tahun 2023 adalah Keris, Chandelier, Kipas, dan Lotus.

Baca juga: Jadwal dan Harga Tiket KA Banyubiru Rute Semarang-Solo PP per 1 Juni 2023

"SNC tahun 2023 jadi momentum untuk mengangkat kembali akulturasi budaya Kota Semarang sebagai sejarah peninggalan masa lampau," kata dia diberitakan Tribun Jateng, Jumat.

Adapun akulturasi budaya tersebut terkait dengan masa lalu Kota Semarang sebagai bandara raya atau pusat perdagangan yang terdapat jalur rempah, gula, maupun sutra. Semua itu bertransaksi di Kota Semarang, khususnya Kota Lama.

IlustrasiSemarang Night Carnival.Dok. PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH IlustrasiSemarang Night Carnival.

Acara SNC juga meriah karena akan diikuti 120 peserta dari beragam unsur masyarakat, mulai dari pelajar, mahasiswa, umum, dan organisasi perangkat daerah (OPD).

Jika ingin menyaksikan kemeriahan Semarang Night Carnival 2023, maka acara akan dimulai pada Jumat (19/5/2023) pukul 19.00 WIB.

Baca juga: Hari Jadi Ke-476 Kota Semarang, Simak Sejarahnya

Rute karnaval dimulai dari Gedung Marba yang berada di Kota Lama Semarang, lalu akan finis di area Taman Nol Kilometer Kota Semarang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com