Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdana, 189 Turis Korea Selatan Tiba di Batam Naik Pesawat Carter Jeju Air

Kompas.com - 20/05/2023, 18:06 WIB
Hadi Maulana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Sebanyak 189 turis dari Korea Selatan (Korsel) tiba di Batam, Kepulauan Riau (Kepri) Sabtu (20/5/2023) dini hari dengan penerbangan carter Jeju Air.

Direktur Utama (Dirut) PT Bandara Internasional Batam (BIB) sebagai pengelolah Bandara Internasional Hang Nadim Batam Pikri Ilham mengatakan, penerbangan perdana ini merupakan salah satu upaya membuka jalur penerbangan internasional langsung dengan rute Korsel-Batam dan sebaliknya.

“BIB sebagai pengelola Bandara Hang Nadim, terus berinovasi untuk menghadirkan pelayanan dan konektivitas udara dengan tujuan menjadikan Batam sebagai Hub udara Indonesia bagian barat," kata Pikri kepada Kompas.com usai menerima kunjungan 189 warga Korsel, Sabtu.

Baca juga: Kunjungan Turis Asing ke Batam Naik 32,45 Persen pada Maret 2023

Hal itu, menurut dia, mengingat Batam memiliki keunggulan sebagai Kawasan Perdagangan Bebas, sehingga inovasi  BIB pada dasarnya sejalan dengan program pemerintah yang menjadikan Batam sebagai Hub Logistic Indonesia. 

Pikri menjelaskan bahwa dari 189 warga Korsel yang tiba di Batam, 142 merupakan wisatawan yang memang ingin berlibur ke Batam, dan 47 lagi dalam rangka kegiatan sosial di Batam, Kepri.

“Mereka di Batam dijadwalkan lebih kurang empat hari tiga malam, untuk 142 wisatawan rata-rata mereka berkeinginan bermain golf, jalan-jalan dan menikmati suasana pantai yang ada di Batam,” ungkap Pikri.

Ia melanjutkan, 47 orang lainnya lebih ke kegiatan sosial, seperti Kuliah Kerja Nyata. Itu karena di Batam juga ada beberapa sekolah yang didanai pemerintah Korsel.

Upayakan sebulan sekali ada penerbangan carter Korsel-Batam

Pikri mengaku, saat ini pihaknya sudah bekerja sama dengan dua maskapai penerbangan di Korsel, yakni berupa penerbangan sewa untuk setiap satu bulan sekali membawa turis ke Batam.

“Saat ini minimal setiap satu bulan ada penerbangan sewa, kami sudah bekerja sama dengan dua maskapai di Korsel. Hari ini baru satu maskapai Jeju Air yang datang. Saya harap maskapai Jin Air juga bisa segera datang,” papar Pikri.

Baca juga: Penerbangan Carter, Upaya Buka Rute Langsung Batam-Korsel

Adapun mengenai transformasi pelayanan kepada penumpang, BIBtelah memulai secara bertahap. Pada triwulan 1 tahun 2023, BIB telah merampungkan penilaian Airport Service Quality yang diselenggarakan Airport Council Internasional dengan hasil penilaian yang sangat memuaskan.

Alhamdulillah nilainya di atas nilai standar yang di tetapkan oleh BP Batam sebagai Penanggung Jawab Pelaksanaan Kerjasama Pemerintah Badan Usaha,” ungkap Pikri.

Upaya tambah rute baru dari-menuju Hang Nadim

Senada juga diungkapkan Vice President Corporate Secretary BIB, Aidhil P Julian yang mengatakan bahwa terkait pengembangan konektifitas udara, BIB terus berupaya menambah rute-rute dari atau menuju Bandara Hang Nadim, domestik maupun internasional.

Saat ini, Bandara Hang Nadim telah mengembangkan 17 rute domestik. Untuk rute internasional, ada satu rute reguler, penerbangan umrah, dan penerbangan Haji.

Bandara Hang Nadim Batam.SHUTTERSTOCK/SONY HERDIANA Bandara Hang Nadim Batam.

Terkait pengembangan rute internasional, BIB juga bekerjasama dengan salah satu pemegang sahamnya yaitu Incheon International Airport Corporation/IIAC, Korsel untuk mengembangkan rute Incheon-Batam.

Kerja sama ini dikembangkan bersama maskapai penerbangan Korsel, yaitu Jeju Air dan Jin Air, serta ekosistem pariwisata Batam terkait dengan pengembangan paket perjalanan menuju Batam.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com