Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mirip Lokasi Film Frozen, Kota Ini Bangun Pagar untuk Batasi Turis Selfie

Kompas.com - 21/05/2023, 09:37 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber AFP,BBC

KOMPAS.com - Kota Halltsatt di Austria, yang dikenal mirip latar lokasi film Disney Frozen, dipasangi pagar guna membatasi wisatawan yang berkerumun untuk selfie (swafoto) pada Senin (15/5/2023).

"Satu hal yang mungkin membantu adalah spot foto tersebut bukan lagi jadi spot foto," tutur Wali Kota Hallstatt, Alexander Scheutz, pada waktu itu dikutip dari AFP, Minggu (21/5/2023).

Baca juga:

Pagar tersebut dibangun di lokasi strategis sehingga wisatawan tidak bisa lagi selfie dengan latar Pegunungan Alpen.

Kendati demikian, baru-baru ini pagar pembatas tersebut dibongkar akibat protes di media sosial.

Meskipun sudah dibongkar, Scheutz menyampaikan, dirinya akan memasang spanduk guna mengingatkan wisatawan bahwa masih ada penduduk yang tinggal di kota tersebut dan mereka menginginkan ketenangan, dikutip dari BBC.

Adapun selain menawarkan panorama Pegunungan Alpen, Hallstatt juga memiliki deretan bangunan berwarna coklat dan perairan yang jernih.

Baca juga:

Jumlah wisatawan membeludak

Ilustrasi Kota Hallstatt di Austria yang disebut mirip lokasi film animasi Disney Frozen.Dok. Wikimedia Commons/Tesoruccio Ilustrasi Kota Hallstatt di Austria yang disebut mirip lokasi film animasi Disney Frozen.

Masalah overtourism melanda Hallstatt setelah kota ini disebut menginspirasi latar Kerajaan Arendelle di film Frozen.

Dilaporkan Kompas.com, Senin (13/1/2020), jumlah kunjungan wisatawan membeludak hingga mencapai 10.000 orang per hari pada tahun 2019, atau sekitar enam kali lebih banyak dari jumlah wisatawan per kapita di Venesia, Italia.

Padahal jumlah penduduk Kota Hallstatt hanya sekitar 780 orang pada waktu itu. 

Baca juga:

Sebagai informasi, overtourism terjadi bila aktivitas wisata di suatu lokasi pada waktu tertentu melebihi ambang batas kapasitas fisik, ekologis, sosial, ekonomi, psikologis, dan politik, dilansir dari Kompas.com, Senin (11/7/2022).

Pemerintah Kota Hallstatt pun berupaya mencegah overtourism tersebut, salah satunya dengan membatasi jumlah bus dan mobil menjadi hanya 54 bus dan 540 mobil per hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP,BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com