Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tempat Ikonik di Kota Payakumbuh, Ada Kampung Rendang

Kompas.com - 22/05/2023, 23:31 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Payakumbuh merupakan sebuah kota Provinsi Sumatera Barat, yang dikelilingi oleh Kabupaten Lima Puluh Kota.

Kota Payakumbuh terletak di daerah dataran tinggi yang merupakan bagian dari Bukit Barisan dan kaki Gunung Sago. Tak heran, Kota Payakumbuh menyimpan banyak potensi wisata.

Baca juga:

Selain destinasi wisata, Kota Payakumbuh memiliki beberapa kuliner khas yang populer, seperti rendang, galamai atau dodol khas Minang, batiah, dan sebagainya.

Kota Payakumbuh juga memiliki sejumlah tempat ikonik yang sangat lekat dengan Kota Biru ini.

Tempat ikonik di Payakumbuh 

Berikut sejumlah tempat ikonik di Kota Payakumbuh seperti dihimpun Kompas.com. Mayoritas tempat ikonik tersebut juga merupakan destinasi wisata.

1. Kampung Rendang 

ilustrasi rendang minang. Rendang adalah salah satu makanan khas Lebaran yang ada di Indonesia.SHUTTERSTOCK/Michaelnero ilustrasi rendang minang. Rendang adalah salah satu makanan khas Lebaran yang ada di Indonesia.

Rendang merupakan salah satu kuliner khas Sumatera Barat yang sudah mendunia. Bahkan, rendang dinobatkan sebagai salah satu makanan terlezat di dunia versi CNN.

Di Kota Payakumbuh, terdapat suatu kawasan bernama Kampung Rendang. Mengutip Kompas.com (6/1/2022), pengunjung bisa menjumpai aneka rendang di kawasan ini.

Mulai dari rendang daging sapi, rendang telur, rendang paru, rendang daging ayam, rendang tuna, dan rendang jamur. Kuliner khas Sumatera Barat itu dikembangkan oleh UMKM Kampung Rendang.

Lokasi Kampung Rendang berada di Sungai Durian, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

2. Kelok 9 

Panorama di Kelok 9 atau Kelok Sembilan di Sumatera BaratShutterstock/Gatot Herliyanto Panorama di Kelok 9 atau Kelok Sembilan di Sumatera Barat

Kelok 9 atau Kelok Sembilan merupakan jalan yang berkelok-kelok dengan sembilan tikungan. Kelok 9 berupa ruas jalan, jalan layang, dan jembatan.

Pembangunan Kelok 9 selesai pada 2013 lalu. Semenjak itu, Kelok 9 menjadi ikon Provinsi Sumatera Barat. Lokasi Kelok 9 ini berada di Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, atau sekitar 25 kilometer (km) dari Kota Payakumbuh.

Kelok 9 merupakan jalur penghubung antara Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Riau. Selain jalur transportasi, Kelok 9 menjadi obyek wisata lantaran keindahannya.

Kelok 9 diapit oleh tebing dan perbukitan hijau yang menamba pesonanya. Ada sejumlah spot foto yang tersedia di pinggir jalan bagi masyarakat yang ingin mengabadikan keindahan Kelok 9.

3. Padang Mangateh

Padang Mangateh di Sumatera BaratWikimedia Commons Padang Mangateh di Sumatera Barat

Padang Mangateh atau juga dikenal sebagai Padang Mengatas merupakan sebuah area hijau seluas 280 hektar. Mengutip Tribun Travel, padang rumput ini menjadi lokasi peternakan sapi.

Oleh sebab itu, Padang Mangateh kerap dijuluki sebagai Selandia Baru-nya Indonesia. Mulanya, Padang Mangateh merupakan lahan peternakan kuda milik Belanda yang sudah ada sejak 1916.

Kemudian, pada 1936 kawasan ini berubah menjadi peternakan sapi. Berada di kaki Gunung Sago, Padang Mangateh menghadirkan  suasana pedesaan yang asri, hujau, dan memiliki udara segar.

Lokasinya berada di Mungo, Kecamatan Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Dari Kota Payakumbuh, jaraknya sekitar 12 km atau 30 menit berkendara. 

Baca juga:

4. Lembah Harau 

Lembah Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera BaratWikimedia Commons Lembah Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat

Lembah Harau merupakan sebuah ngarai yang berada di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Jaraknya sekitar 14 km dari Kota Payakumbuh.

Destinasi wisata alam ini menyajikan pemandangan sawah dan pepohonan hijau seluas  270,5 hektar, yang dikelilingi tebing tinggi mencapai 500 meter. Keindahan Lembah Harau dilengkapi dengan keberadaan tujuh air terjun dan batuan purba.

Karena keindahannya, Lembah Harau kerap disebut mirip Lembah Yosemite yang berada di kawasan Taman Nasional Yosemite di California, AS 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com