Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Sesali Maraknya Penipuan Tiket Konser Coldplay, Rusak Citra Bisnis Industri Seni Pertunjukan

Kompas.com - 23/05/2023, 07:31 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyayangkan ulah calo yang melakukan penipuan tiket konser Coldplay yang akan digelar di Jakarta pada 15 November 2023.

"Saya sangat menyayangkan, walaupun kita sudah memberikan peringatan, (tetap) ada praktik penipuan dan calo tiket online. Walaupun sudah digitalisasi, ini sangat-sangat rentan," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing yang digelar hybrid, Senin (22/5/2023).

Penipuan sejumlah oknum yang mengaku bisa mendapatkan tiket konser Coldplay lalu menjualnya dengan harga sangat tinggi atau sebenarnya tidak memperoleh tiket, kata Sandiaga, sangat merugikan masyarakat.

Baca juga:

Apalagi, sudah ada puluhan orang yang telah melaporkan kasus penipuan atau calo tiket ke kepolisian.

Hal ini, Sandiaga menjelaskan, tentu berimbas dan dapat merusak citra bisnis industri seni pertunjukan di Indonesia.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom)

Oleh karena itu, ia mengingatkan masyarakat agar lebih berhati-hati dalam mendapatkan tiket konser. Sandiaga juga meminta masyarakat untuk memanfaatkan kanal distribusi yang valid dan dari sumber terpercaya.

"Mari manfaatkan kanal distribusi yang valid, yang jelas dari sumber terpercaya," pungkasnya. 

Beberapa pelaku sudah ditangkap 

Dilaporkan dari Kompas.com (22/2023), Polda Metro Jaya telah menangkap dua orang penipu bermodus jasa titip (jastip) pembelian tiket konser Coldplay, band asal Inggris. 

Pelaku merupakan pasangan suami istri (pasutri) berinisial ABF (22) dan W (24). Mereka ditangkap di kediamannya di kawasan Bantul, Yogyakarta.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah (kiri kedua) bersama Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo saat menunjukkan barang bukti penipuan jastip pembelian tiket konser Coldplay, Senin (22/5/2023) di Mapolda Metro Jaya.KOMPAS.com/Tria Sutrisna Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah (kiri kedua) bersama Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo saat menunjukkan barang bukti penipuan jastip pembelian tiket konser Coldplay, Senin (22/5/2023) di Mapolda Metro Jaya.

Berdasarkan hasil penyelidikan dan penyidikan, kedua pelaku menawarkan jasa titip pembelian tiket Coldplay melalui akun Twitter @findtrove_id. 

Akun yang dibeli dari orang lain ini ternyata sudah cukup besar dan memiliki banyak followers, sehingga membuat banyak calon pembeli menjadi percaya. Selain itu, pelaku juga telah menyiapkan satu tiket asli untuk mengelabui para korban. 

Baca juga: Sandiaga: Kalau Tiket Konser Coldplay Habis, Bisa Nonton Java Jazz

Adapun dari hasil pelacakan tabungan para penipu tiket konser Coldplay, diketahui bahwa mereka telah meraup uang sebesar Rp 257 juta. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com