Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/05/2023, 06:36 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Ijen di Jawa Timur masuk daftar UNESCO Global Geopark (UGG) berdasarkan  sidang Dewan Eksekutif Ke-216 UNESCO di Paris, Perancis, pada Rabu (24/5/2023).

"Alhamdulillah setelah melewati berbagai proses dan sidang, akhirnya Ijen Geopark resmi menjadi anggota UGG. Hal ini berdasarkan surat resmi serta rilis yang diunggah dalam website UNESCO," ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, dikutip dari Antara, Kamis (25/5/2023).

Baca juga:

Ipuk berharap, masuknya Ijen ke dalam daftar tersebut dapat menambah jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sehingga bisa berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat Banyuwangi. 

Untuk diketahui, Ijen terletak di antara dua kabupaten yakni Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Dikutip dari laman resmi UNESCO, Ijen memiliki lanskap vulkanis, formasi geologis yang unik, dan warisan budaya.

Geopark Ijen terdiri dari Gunung Ijen yang terkenal akan Kawah Ijen dengan fenomena blue fire-nya. Fenomena ini terbentuk berkat konsentrasi belerang yang tinggi dan suhu melebihi 360 derajat Celsius.

Baca juga:

Pembenahan tetap harus dilakukan

Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur DOK. Shutterstock/MumemoriesShutterstock/Mumemories Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur DOK. Shutterstock/Mumemories

Prestasi Ijen Geopark di UGG tetap memacu pengelola untuk melakukan pengembangan dan pembenahan. 

"Meski demikian kami tetap harus bekerja keras melakukan pembenahan di berbagai aspek agar status UGG tetap bisa kami pertahankan pada masa revalidasi pada tahun 2026. Tentu dengan kolaborasi bersama pihak-pihak terkait," terang Pengurus Harian Ijen Geopark Banyuwangi, Abdillah Baraas.

Pengembangan tersebut, lanjut dia, memerlukan peran berbagai pihak. 

Di Banyuwangi, sejumlah program yang sudah ada akan tetap dilaksanakan, antara lain kegiatan edukasi di sekolah, pemberdayaan masyarakat, pelatihan geowisata, geo-produk, dan aspek konservasi. 

Baca juga:

Tidak hanya itu, pihaknya berencana meningkatkan transportasi publik ke tempat wisata dan situs geopark

Sebagai informasi, pada Rabu (24/5/2023), UNESCO menambah 18 geopark baru ke dalam daftar UGG. 

Selain Ijen, geopark lainnya di Indonesia yang baru masuk daftar tersebut adalah Maros Pangkep di Sulawesi Selatan, Merangin Jambi di Jambi, dan Raja Ampat di Papua Barat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com