Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Berkunjung ke Perpustakaan Nasional, Bawa Uang Tunai

Kompas.com - 28/05/2023, 13:01 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia, bisa jadi pilihan lokasi yang pas untuk belajar ataupun mengerjakan tugas kuliah.

Selain fasilitas yang memadai seperti ruangan belajar yang mendukung dengan banyaknya colokan listrik, di Perpusnas juga tersedia akses internet gratis untuk pengunjung.

"Layanan ke semua lantai Perpusnas bisa diakses jika pengunjung telah punya kartu anggota. Makanya kami sarankan untuk bikin kartu anggota dulu," kata salah satu petugas Perpusnas Amsani saat ditemui oleh Kompas.com di lokasi, Kamis (25/5/2023).

Baca juga:

Perpusnas kini bisa dikunjungi setiap hari kecuali hari Libur Nasional. Mulai Senin sampai Jumat, Perpusnas buka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Sementara saat akhir pekan atau weekend, Perpusnas buka mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Tips berkunjung ke Perpusnas

Sebelum datang ke lokasi, ada baiknya mengetahui beberapa tips berkunjung ke Perpusnas berikut untuk memudahkan kunjungan nantinya.

1. Bawa uang tunai

Di samping mengerjakan tugas ataupun membaca buku di Perpusnas, calon pengunjung tentu butuh mengisi perut yang kosong saat lapar.

Jika tidak membawa bekal makanan, calon pengunjung juga bisa membeli makanan dan minuman di kantin ataupun koperasi Perpusnas yang berada di lantai 4.

Pengunjung sedang memesan makanan di kantin Perpusnas.KOMPAS.com / Suci Wulandari Putri Pengunjung sedang memesan makanan di kantin Perpusnas.

Kantin Perpusnas melayani transaksi tunai dan transfer antarbank. Sementara koperasi Perpusnas hanya melayani transaksi tunai. Maka dari itu, sebaiknya siapkan uang tunai sebelum datang ke Perpusnas.

Baca juga: Jam Buka Perpusnas RI, Kini sampai Malam Hari

Pengunjung bisa menemukan mesin ATM Link di lantai satu dekat pintu masuk yang bisa dimanfaatkan bila lupa membawa uang tunai.

2. Datang mulai pagi

Perpusnas mulai ramai oleh pengunjung sekitar pukul 09.00 WIB, maka dari itu sebaiknya datang lebih pagi bila ingin mendapat spot duduk terbaik dan akses penitipan barang gratis.

Saat Kompas.com berkunjung pada Kamis (25/5/2023) sekitar pukul 09.30 WIB, lemari penitipan barang sudah terisi penuh, alhasil Kompas.com harus membawa semua barang ke dalam Perpusnas.

Baca juga:

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com