Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Tempat Liburan di Sumatera Utara yang Paling Terkenal 

Kompas.com - 28/05/2023, 15:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Provinsi Sumatera Utara menyimpan banyak pesona wisata mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, hingga kuliner khas.

Sejumlah tempat wisata di Sumatera Utara tersebut, bahkan sudah populer hingga mancanegara. Selain menawarkan pesona, masing-masing tempat wisata di Sumatera Utara memiliki keunikan masing-masing. 

Baca juga: Kunjungan Wisman Meningkat, Sumatera Utara Gencarkan Promosi Wisata

Baca juga: Mengenal Rumah Adat Puri Melayu Sri Menanti di Sumatera Utara

Tempat liburan di Sumatera Utara

Jika kamu berencana liburan ke sana, berikut rekomendasi tempat liburan Sumatera Utara yang paling terkenal.

1. Danau Toba 

Destinasi wisata Danau Toba.SHUTTERSTOCK/Shahril KHMD Destinasi wisata Danau Toba.

Tak hanya di Sumatera Utara, Danau Toba merupakan salah satu wisata populer di Indonesia. Destinasi wisata superprioritas ini memiliki luas mencapai 1.130 kilometer persegi, seperti dikutip dari Kompas.com (5/8/2021).

Dengan luasan itu, Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia sekaligus danau vulkanik terbesar di dunia.

Disebut danau vulkanik, lantaran Danau Toba merupakan kaldera yang terbentuk dari erupsi besar gunung berapi di kawasan tersebut, seperti dikutip dari laman Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Letusan supervolcano tersebut, diperkirakan terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu.

2. Pulau Samosir 

Suku Batak di Pulau Samosir, Danau Toba, Sumatera Utara. Shutterstock/Kataleewan Intarachote Suku Batak di Pulau Samosir, Danau Toba, Sumatera Utara.

Jika sedang berlibur ke Danau Toba, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Pulau Samosir. Pulau yang berada di tengah Danau Toba ini memiliki pesona alam hingga budaya.

Melansir Kompas.com (5/8/2021), Pulau Samosir memiliki kawasan perbukitan yang indah, salah satunya adalah Bukit Holbung.

Saat berkunjung ke Pulau Samosir, wisatawan juga akan disajikan beragam seni dan budaya Suku Batak, seperti tari-tarian hingga karya seni.

Tidak ketinggalan, ada wisata religi di Bukit Sibea-bea dengan ikon Patung Yesus Kristus setinggi 61 meter. Obyek wisata yang baru buka pada awal tahun ini, juga menawarkan pemandangan langsung ke Danau Toba.

3. Patung Yesus Sibea-bea 

Jalan akses wisata rohani menuju Patung Yesus Kristus di Puncak Bukit Sibea-bea, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.Dok. Kementerian PUPR. Jalan akses wisata rohani menuju Patung Yesus Kristus di Puncak Bukit Sibea-bea, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Seperti disampaikan sebelumnya, Bukit Sibea-bea berada di Pulau Samosir. Ikon Bukit Sibea-bea adalah Patung Yesus Kristus setinggi 61 meter, seperti dikutip dari laman Pemerintah Kabupaten Samosir.

Patung Yesus Kristus ini lebih tinggi dibandingkan Patung Yesus Kristus Penebus di Rio de Janeiro, Brasil, yang setinggi 30 meter. Obyek wisata yang baru buka pada awal tahun ini, adalah destinasi wisata religi terintegrasi di Kabupaten Samosir,

Selain patung Yesus Kristus, kawasan wisata ini dilengkapi dengan rumah doa, wisata kuliner, dan panorama alam Danau Toba.

Baca juga: Fakta Pelabuhan Ajibata Sumatera Utara yang Diresmikan Presiden Jokowi

Baca juga: Suku Batak di Sumatera Utara, Nenek Moyangnya dari Asia Selatan

4. Bukit Holbung

Panorama Danau Toba dilihat dari Bukit Holbung. Dok. Shutterstock Panorama Danau Toba dilihat dari Bukit Holbung.

Masih di Pulau Samosir, wisatawan bisa menjumpai Bukit Holbung. Jika kamu pernah menonton film Ngeri-ngeri Sedap, tentunya sudah tidak asing dengan Bukit Holbung ini.

Destinasi wisata ini menjadi salah satu lokasi syuting film tersebut.

Berdasarkan informasi dari situs Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara, Bukit Holbung merupakan kawasan perbukitan yang terdiri dari delapan bukit. 

Kawasan perbukitan ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Danau Toba. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan wisata di Bukit Holbung antara lain bersantai di hamparan rumput hijau, berburu foto Instagramable, dan camping.

5. Air Terjun Efrata 

Air terjun Elfrata di Kabupaten Samosir. Dok. Visit Samosir Air terjun Elfrata di Kabupaten Samosir.

Pulau Samosir juga memiliki wisata air terjun, yakni Air Terjun Efrata.

Mengutip Kompas.com (26/5/2022), air terjun setinggi 20 meter ini berada di kawasan perbukitan hijau. Untuk sampai lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 50 meter.

Lokasinya ada di Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir. Air terjun Efrata juga berada dekat dengan Danau Toba, sehingga kerap dikunjungi wisatawan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com