Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Museum Multatuli Dibangun Di Rangkasbitung? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 29/05/2023, 11:11 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Museum Multatuli mengusung tema "anti-kolonialisme" yang menampikan sejarah kolonialisme sebagai pengantar sampai munculnya pergerakan anti-kolonialisme.

Gedung yang digunakan sebagai Museum Multatuli saat ini bukanlah gedung atau rumah bekas tempat tinggal Eduard Douwes Dekker atau disebut juga dengan Multatuli.

"Gedung Museum Multatuli ini dulunya merupakan bekas kantor kewedanaan yang didirikan sekitar 1923-an," kata Edukator Museum Multatuli Ginandar saat ditemui oleh Kompas.com di lokasi, Jumat (26/5/2023).

Baca juga:

Untuk diketahui, kewedanaan merupakan sebutan untuk wilayah administrasi pemerintahan di bawah kabupaten dan di atas kecamatan yang berlaku pada masa Hindia Belanda hingga beberapa tahun setelah Indonesia merdeka.

Lokasinya berada dekat dengan Alun-Alun Rangkasbitung,  tepatnya di Jalan Alun-Alun Timur Nomor 8, Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten.

Menurut informasi yang Kompas.com terima saat mampir ke Museum Multatuli, faktanya hanya ada dua Museum Multatuli di dunia. Pertama ada di Rangkasbitung, Banten, dan yang kedua ada di Amsterdam, Belanda.

Baca juga:

Salah satu alasan Museum Multatuli ada di Amsterdam karena Amsterdam merupakan tanah kelahiran Multatuli. Lalu, tahukah kamu alasan Museum Multatuli dibangun di Rangkasbitung?.

Alasan Museum Multatuli di Rangkasbitung

Menurut penjelasan dari Ginandar, ada dua alasan mengapa Museum Multatuli dibangun di Rangkasbitung.

Alasan pertama, dari segi geografis, Rangkasbitung merupakan Ibu Kota Kabupaten Lebak dan lokasinya strategis, sehingga museum ini lebih mudah diakses oleh pengunjung yang datang dari luar daerah.

Patung perunggu Multatuli di halaman Museum Multatuli.KOMPAS.com/ Suci Wulandari Putri Patung perunggu Multatuli di halaman Museum Multatuli.

"Sempat ada wacana untuk membangun ulang bekas rumah dinas Multatuli untuk dijadikan museum. Tapi karena terkendala peraturan dan kepemilikan, jadinya dibangunlah di kantor kewedanaan," kata Ginadar.

Alasan kedua, Multatuli pernah bertugas sebagai asisten residen di Rangkasbitung sekitar tiga bulan. Tidak hanya itu, Multatuli juga punya ikatan emosional dengan Lebak, Banten.

Baca juga:

Berangkat dari melihat penindasan dan kekejaman yang dilakukan oleh penguasa lokal maupun kolonial di Lebak, Banten, maka lahirlah karya sastra Multatuli berjudul "Max Havelaar".

Oleh sebab itu untuk mengingat jejak sejarah Multatuli dan karyanya, maka didirikanlah Museum Multatuli di Rangkasbitung. 

"Dua alasan tersebut cukup kuat untuk menjawab mengapa Museum Multatuli ada di Rangkasbitung," pungkas Ginandar. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com