Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perpustakaan Unik di Tangerang OMAH Library, Banyak Dikunjungi Tamu Asing

Kompas.com - 29/05/2023, 15:04 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di kawasan Taman Villa Meruya, Kota Tangerang, ada sebuah perpustakaan pribadi dengan bangunan unik yang dibuka untuk umum. 

Tidak hanya viral di media sosial karena tempatnya yang estetis, perpustakaan milik arsitek Realrich Sjarief dari RAW Architecture ini juga sudah tercantum di jurnal arsitektur internasional. Maka tak heran jika pengunjungnya bervariasi, bahkan juga dikunjungi oleh orang dari luar Indonesia. 

"Paling jauh ada dari Rusia, dia tahu banyak informasi tempat ini, (lalu) dia kepo. Karena ini bangunannya juga ada di jurnal arsitektur internasional. Sudah cukup banyak dibahas," kata Rich, saat ditemui Kompas.com, Jumat (26/5/2023). 

Baca juga:

Tidak hanya perpustakaan, OMAH Library berada di satu atap dengan sebuah bangunan bernama Guha. Guha terdiri dari beberapa bagian, yaitu rumah sang pemilik, studio arsitektur, dan perpustakaan. 

Desain bangunan termasuk kolam renang di OMAH Library yang estetik.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Desain bangunan termasuk kolam renang di OMAH Library yang estetik.

Oleh karena itu, Rich melanjutkan, banyak dari tamu luar negeri yang datang ke Guha untuk mencari obyek arsitektur, atau mempelajarinya. 

"Kemarin ada dari Belanda, Norwegia, Jepang, dulu pernah ada dari Perancis, nanti dari India," terangnya. 

Baca juga: Tangerang Selatan Ternyata Punya Desa Wisata yang Sajikan Kelestarian Alam dan Budaya

Bahkan, Rich menyampaikan bahwa salah seorang penulis asal India pernah mensejajarkan OMAH Library dengan Helsinki Library di Finlandia. Meskipun, ia menampik hal tersebut.

"Tapi tentu beda lah, ya. Dari segi luas juga, cuma mungkin dia merasa kehangatan dan nyaman di sini, dia ingat banget momen-momen itu," imbuhnya sambil tertawa. 

Banyak pengunjung dari luar Tangerang

 Desain OMAH Library yang estetik.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Desain OMAH Library yang estetik.

Untuk pengunjung lokal, kata Rich, domisili atau asalnya juga cukup merata, tidak hanya dari Tangerang. Selain Tangerang dan Jakarta Barat yang menjadi lokasi OMAH Library, pengunjung Jakarta Selatan banyak ke sini. 

"Banyak anak-anak (Jakarta) selatan, tapi merata ya. Anak-anak (Jakarta) barat, tetangga juga, Tangerang juga," ujarnya. 

Baca juga: Panduan Lengkap Main ke Tropikana Waterpark Tangerang, Harga Tiket hingga Rute

Usai ramai diulas di sejumlah media sosial, jumlah pengunjung OMAH Library pada beberapa bulan terakhir tepatnya April dan Mei memang meningkat cukup dratis, kata Rich. 

Bangunan unik dan tempat nyaman membuat OMAH Library menarik minat para arsitek, desainer, penggemar buku, atau masyarakat yang berburu konten, bahkan dari luar kota. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com