Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Wisata Hargotirto, Punya Spot Terbaik Lihat Perbukitan Menoreh

Kompas.com - 29/05/2023, 18:43 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Desa Wisata Hargotirto di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki spot-spot Instagramable untuk menikmati pemandangan Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo.

Berlokasi di Kabupaten Kulon Progo, desa wisata ini masuk babak 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca juga:

"Saya melihat kekuatan dan daya tarik wisata alam di sini luar biasa dan ini kemasannya sangat menarik karena kita dapat melihat Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melalui keterangan resmi, Senin (29/8/2023).

Adapun panorama Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo bisa dinikmati dari dua tempat yaitu puncak Pule Payung dan Gunung Gajah. Wisatawan bisa melihat pemandangan tersebut dari ketinggian.

Baca juga:

Membatik, main gamelan, dan bikin gula semut

Proses membatik di Desa Wisata Hargotirto di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa wisata ini masuk 75 desa wisata terbaik versi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Proses membatik di Desa Wisata Hargotirto di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa wisata ini masuk 75 desa wisata terbaik versi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Selain menikmati pemandangan, pengunjung Desa Wisata Hargotirto juga bisa mengikuti kegiatan live in, atau mengenal lebih jauh soal kehidupan masyarakat suatu daerah dengan menginap selama beberapa hari.

Selama menginap, pengunjung bisa belajar membatik, bermain gamelan, dan belajar membuat gula semut, dikutip dari laman Jadesta. Ada pula kegiatan outbound, berkendara naik jip, dan susur sungai.

Jika ingin menginap, tersedia sejumlah homestay yang bisa dipilih di Desa Wisata Hargotirto, di antaranya Homestay Sutrisno dan Homestay Jemiran.

Baca juga:

Puas menghabiskan waktu di desa ini, pengunjung bisa membeli kain batik, madu asli, dan gula semut sebagai oleh-oleh.

Sebagai informasi, Desa Wisata Hargotirto berada di Kecamatan Kokap. Dari Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), jaraknya sekitar 21 kilometer dengan durasi berkendara hampir satu jam.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com