Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Okupansi Hotel di DIY Saat Libur Panjang Waisak Diprediksi Lebih Tinggi Dibanding Lebaran

Kompas.com - 31/05/2023, 19:21 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Angka reservasi hotel di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat libur panjang Waisak 2023 pada bulan Juni ini diprediksi akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan libur Lebaran sekitar April lalu.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta, Deddy Pranowo Eryono mengatakan, data reservasi hotel pada bulan Juni 2023 mencapai 80 persen.

Baca juga:

"Akhir Mei sampai Juni rata-rata reservasi sudah 80 persen," ujar Deddy saat dihubungi, Rabu (31/5/2023).

Bahkan, jika dilihat dari data reservasi sekarang, dia memprediksi pada awal Juni yakni mulai Kamis (1/6/2023) sampai Minggu (4/6/2023) reservasi bisa menyentuh angka 100 persen.

"Pada 1-4 Juni bisa sampai 100 persen," imbuh dia.

Masyarakat antusias menerbangkan lampion pada puncak peringatan Tri Suci Waisak 2566 BE, di pelataran Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Senin (16/5/2022) malam.KOMPAS.COM/IKA FITRIANA Masyarakat antusias menerbangkan lampion pada puncak peringatan Tri Suci Waisak 2566 BE, di pelataran Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Senin (16/5/2022) malam.

Jika dibanding dengan libur Idul Fitri, data PHRI menunjukkan reservasi sebesar 75 sampai 80 persen saat Idul Fitri, sedangkan akhir pekan yang bertepatan dengan Hari Raya Waisak ini memiliki potensi okupansi lebih tinggi. 

"Yang menggembirakan (capaian okupansi) hampir se-DIY, baik non-bintang maupun bintang lima," katanya.

Untuk diketahui, Hari Raya Waisak tahun ini akan jatuh pada Minggu (4/6/2023). Hari tersebut masuk dalam periode libur panjang karena hari Kamis (1/6/2023) sebelumnya merupakan hari libur nasional untuk memperingati lahirnya Pancasila sehingga masyarakat bisa dapat libur hingga empat hari.

Baca juga: Perayaan Waisak di Thailand, Ada Tradisi Menyalakan Lilin 

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com