Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Wisata Terong di Belitung Bakal Sediakan Motor Listrik

Kompas.com - 04/06/2023, 17:07 WIB
Heru Dahnur ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

BELITUNG, KOMPAS.com - Kawasan Wisata Air Rusa Berehun atau dikenal juga dengan desa wisata kreatif terong di Desa Terong, Kecamatan Sijuk, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung masuk dalam 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI 2023).

Salah satu keunggulan desa ini adalah kawasan Aik Rusa'Berehun yang pernah menjadi lokasi penambangan timah. Kini, Air Rusa'Berehun dikembangkan menjadi tempat berkelanjutan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan masyarakat.

Baca juga:

Dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kawasan ini pun kini dilengkapi berbagai sarana dan prasarana, seperti tempat pertemuan, kantin, warung UMKM, serta tempat pertunjukan tari dan musik gambus.

Ada pula area agrowisata tempat pengunung belajar menanam.

"Ini sangat luar biasa, semua bergandengan tangan mengubah dari tambang timah yang dikonversi menjadi desa wisata. Ini sebuah prestasi dari sebuah masalah karena dari bekas tambang menjadi berkah dan menghasilkan Rupiah," ucap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat berkunjung ke lokasi, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (3/6/2023).

Bisa keliling naik motor listrik

Selain menawarkan produk-produk kreatif unggulan, desa wisata terong juga didukung sistem informasi digital dan motor listrik yang bisa digunakan untuk berkeliling.

Penggunaan motor listrik sekaligus mengukuhkan wisata terong sebagai destinasi yang berkomitmen terhadap ramah lingkungan.

Pada kunjungan tersebut, Sandiaga sempat berkeliling menggunakan motor listrik yang pengembangannya memang didorong pemerintah sebagai bagian dari komitmen net zero emission pada 2060.

"Komitmen pemerintah dalam pembangunan wilayah desa, tentunya harus memperhatikan lingkungan sehingga dengan didukung motor listrik lebih meyakinkan wisatawan mancanegara," ujar Sandiaga di lokasi.

Baca juga:

Pantauan Kompas.com di lokasi, berkeliling dengan motor listrik dilakukan setelah mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengunjungi hutan mangrove. Rombongan bergerak melewati jalanan beraspal hingga masuk ke destinasi wisata desa, dengan melintasi jembatan Sijuk yang ikonik.

Electrifying lifestyle atau gaya hidup menggunakan kendaraan listrik diharapkan dapat menjadi nilai tambah bagi Desa Wisata Terong dalam penjurian ADWI 2023.

"Kami harap partisipasi kami dalam bentuk electrifying lifestyle ini dapat memperkenalkan kepada masyarakat bahwa zaman sekarang sudah banyak alternatif penggunaan motor listrik."

"Selain hemat bahan bakar, juga ramah lingkungan. Selanjutnya akan terus diperkenalkan lebih dalam program electrifying lifestyle kepada masyarakat," kata Manager PLN UP3 Belitung I Made Agus Dwi Putra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com