Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampung Siap Gelar World Surf League Krui Pro 2023

Kompas.com - 05/06/2023, 20:53 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Persiapan World Surf League (WSL) Krui Pro QS5000 di Pesisir Barat, Provinsi Lampung, sudah mencapai hampir 100 persen. 

Kompetisi selancar tingkat dunia ini rencananya akan digelar di Pantai Tanjung Setia, Pesisir Barat, Provinsi Lampung, pada 12-18 Juni 2023 mendatang. 

"Terkait dengan persiapan sudah hampir 100 persen. Tinggal membuat tangga, venue sudah siap, tempat peristirahatan tamu sudah siap, daftar undangan juga sudah," kata Kadispar Lampung Ariyawan dalam Weekly Brief with Sandi Uno secara virtual, Senin (5/6/2023). 

Baca juga:

Gelaran yang diikuti oleh 293 atlet dari 14 negara ini dikatakan sudah mendekati rangkaian pembukaan. Persiapan seperti keamanan, listrik, dan sambungan internet juga telah dipersiapkan.

Selain itu, beberapa persiapan lain seperti koordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung juga terus dilakukan. Publikasi mengenai WSL Krui Pro 2023 juga telah dimulai di beberapa layanan pemprov. 

"Kami di Lampung juga sudah berkooridnasi dengan pegiat medsos di Lampung dan bersama-sama kami gaungkan tentang WSL Krui Pro," terang Ariyawan. 

Dorong ekonomi lewat UMKM

Peselancar di Pantai Tanjung Setia, Pesisir Barat, Lampung. Dok. Kemenparekraf Peselancar di Pantai Tanjung Setia, Pesisir Barat, Lampung.

Ariyawan menjelaskan bahwa gelaran WSL Krui Pro tahun ini tidak hanya mengedepankan liga atau kompetisi berselancar seperti yang sudah-sudah. Namun, pihaknya juga ingin mengangkat UMKM setempat. 

"Kami ingin mengangkat UMKM Pesisir Barat, ini yang membedakan dari empat event terdahulu yang kami laksanakan," tutur dia.

Baca juga:

Di event terbaru ini, ia melanjutkan, pihaknya ingin lebih mengangkat UMKM agar dampak ekonominya semakin maksimal bagi masyarakat Pesisir Barat.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa gelaran tingkat dunia ini diharapkan dapat menarik banyak kunjungan. 

"Diikuti 293 atlet dari 14 negara, mereka tidak akan berkunjung sendiri, tapi juga akan mengajak lebih dari 20.000 kunjungan," kata Sandiaga. 

Menparekraf menjelaskan, tahun lalu saat masih ada pembatasan kala pandemi Covid-19, gelaran WSL Krui Pro 2022 sudah dapat meningkatkan kunjungan wisatawan hingga 26.106 kunjungan.

"Kali ini kami ingin WSL Krui Pro semakin meningkat dari tahun 2022. Kami harapkan dampak ekonominya lebih besar, karena tahun 2022 lebih dari Rp 4 milyar," pungkasnya. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com