Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

36.000 Wisatawan Kunjungi Banyuwangi Selama Libur Waisak 2023

Kompas.com - 06/06/2023, 08:37 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sebanyak 36.000 wisatawan tercatat mengunjungi Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, selama periode libur Hari Raya Waisak 2023 atau mulai Kamis (1/6/2023) hingga Minggu (4/6/2023).

"Jumlah ini meningkat 40 persen dibandingkan rata-rata kunjungan di hari biasa. Alhamdulillah hampir seluruh destinasi Banyuwangi selalu ramai. Banyak wisatawan luar kota berlibur kemari," jelas Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, dikutip dari Antara, Selasa (6/6/2023).

Baca juga:

Banyuwangi Park jadi favorit

Selama periode tersebut, Banyuwangi Park menjadi tempat wisata yang paling diminati karena dikunjungi oleh 6.600 wisatawan. 

Selanjutnya tempat wisata yang banyak dikunjungi, di antaranya Pantai Marina Boom dengan 5.998 pengunjung, Pantai Pulau Merah dengan 4.253 pengunjung, Pantai Grand New Watudodol dengan 2.945 pengunjung, dan Desa Wisata Tamansari dengan 2.640 pengunjung.

Baca juga: Banyuwangi Bidik 4,5 Juta Kunjungan Wisatawan pada 2023

Wisatawan mulai berdatangan mendatangi wisata pantai pulau merah pasca ditutup karena Covid-19KOMPAS.COM/BAGUS SUPRIADI Wisatawan mulai berdatangan mendatangi wisata pantai pulau merah pasca ditutup karena Covid-19

Tingkat hunian hotel di Banyuwangi naik

Selain jumlah kunjungan wisatawan, peningkatan juga terlihat dari segi tingkat hunian hotel di kabupaten tersebut, tepatnya mulai Kamis (1/6/2023) hingga Sabtu (3/6/2023).

Selama periode tersebut, menurut keterangan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi M. Yanuar Bramuda, tercatat tingkat okupansi hotel bintang empat ke atas berada di atas 90 persen. 

Baca juga:

Ia menyebutkan, tingkat hunian Villa So Long Banyuwangi mencapai 100 persen, hotel Dialoog Banyuwangi mencapai 98 persen, Aston Banyuwangi Hotel & Conference Center mencapai 96 persen, dan Illira Hotel Banyuwangi mencapai 92 persen.

"Kalau rata-rata, okupansi tujuh hotel berbintang selama liburan Hari Raya Waisak mencapai 94 persen," tutur Bramuda.

Baca juga: Banyuwangi Park: Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Sumber Antara


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com