Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Liburan di Lampung Selain Pantai, Ada Wahana Baru 

Kompas.com - 07/06/2023, 11:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Lampung terkenal dengan keindahan destinasi wisata pantai yang memukau. Namun, adapula tempat liburan di Lampung selain pantai yang menarik untuk dikunjungi.

Baca juga:

Kamu bisa mengunjungi tempat wisata di Lampung selain pantai bersama keluarga dan teman. Menariknya, ada taman hiburan (theme park atau amusement park) baru yang buka pada April 2023 lalu.

Tempat liburan di Lampung selain pantai

Berikut tempat liburan di Lampung selain pantai seperti dihimpun Kompas.com.

1. Krakatau Park 

Salah satu wahana di Krakatau Park di Lampung, theme park yang menawarkan 21 wahana edukasi dan permainan
Dok. Krakatau Park Salah satu wahana di Krakatau Park di Lampung, theme park yang menawarkan 21 wahana edukasi dan permainan

Krakatau Park merupakan tempat liburan baru di Lampung selain pantai. Tempat wisata yang baru soft launching pada 22 April 2023 ini, berupa theme park yang dilengkapi wahana bermain dan edukasi.

Berdiri di atas lahan seluas 4,5 hektar milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Krakatau Park memiliki 21 wahana permainan dan belajar.

Pengelola Krakatau Park adalah Jatim Park Group, yang juga mengelola sejumlah theme park ternama di Jawa Timur, seperti Jatim Park, Museum Angkut, Batu Night Spectacular (BNS), dan sebagainya.

Lokasi Krakatau Park cukup strategis karena dekat dengan Terminal Eksekutif Bakauheni, Lampung. Ada promo harga tiket masuk Krakatau Park selama masa soft launching hingga 31 Oktober 2023.

Pada Senin-Jumat, harga tiket masuk Krakatau Park sebesar Rp 100.000 per orang, untuk pembayaran tunai. Sedangkan, harga tiket masuk Krakatau Park lewat pembayaran non tunai sebesar Rp 90.000 per orang.

Sementara, pada Sabtu-Minggu dan libur nasional, harga tiket masuk Krakatau Park sebesar Rp 110.000 per orang per orang, untuk pembayaran tunai. Sedangkan, harga tiket masuk Krakatau Park lewat pembayaran non tunai sebesar Rp 100.000 per orang.

2. Lembah Hijau

Koleksi mini zoo di Lembah Hijau, Lampung Dok. Lembah Hijau Koleksi mini zoo di Lembah Hijau, Lampung

Lembah Hijau berada di lereng Gunung Betung, sekitar 3-4 kilometer (km) dari pusat kota Bandar Lampung. Tempatnya di Jalan Radin Imba Kesuma Ratu, Kampung Sukajadi, Kelurahan Sukadanaham.

Mengutip laman resminya, ada berbagai wahana rekreasi seperti waterboom, outbound, camping ground, mini zoo, wahana permainan, dan eduwisata. Sembari menikmati aneka wahana, pengunjung bisa menghirup udara segar di Lembah hijau.

Lembah Hijau juga dilengkapi dengan fasilitas seperti gazebo, restoran, dan playground sehingga cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan teman-teman. Harga tiket masuk mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 55.000 per orang.

3. Kawah Bumi Suoh

kawah suohdisporapar.lampungbaratkab kawah suoh

Selain pantai, Lampung memiliki destinasi wisata alam menarik lainnya. Salah satunya adalah Kawah Bumi Souh.

Mengutip Kompas.com (27/20/2020), wisata alam ini berupa kaldera gunung berapi yang masih aktif seluas 128 kilometer persegi.

Kawah Bumi Suoh menawarkan panorama alam yang menakjubkan berupa uap yang berasal dari belerang di kawah. Menariknya, uap belerang itu terus mengepul meskipun terguyur hujan.

Selain itu, pengunjung bisa menjumpai lantai dari endapan sulfur yang memiliki ketebalan sekitar 20 centimeter (cm). Jika ingin berkunjung ke lokasi ini, wisatawan harus didampingi pemandu.

Lokasi Kawah Bumi Suoh berada di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Kabupaten di Lampung Barat.

4. Bukit Sakura  

Bukit Sakura di LampungTribunlampungtravel.com / Agustina Suryati Bukit Sakura di Lampung

Tempat liburan di Lampung selain pantai selanjutnya adalah Bukit Sakura. Destinasi wisata ini berupa bukit yang dihiasi dengan ornamen khas Jepang, termasuk bunga sakura imitasi.

Dari lokasi bukit, pengunjung bisa menikmati pemandangan Kota Bandar Lampung. Ada berbagai spot foto Instagramable ala Jepang di Bukit Sakura.

Harga tiket masuk Bukit Sakura mulai dari Rp 10.000 per orang, belum termasuk sejumlah wahana rekreasi berbayar lainnya.

Wisatawan juga bisa menyewa kostum kimono Jepang kemudian berfoto di bawah bunga sakura. Lokasinya berada di Jalan Melati Raya, Langkapura, Kecamatan Langkapura, Kota Bandar Lampung.

Baca juga:

5. Lembah Durian Farm Stable

Tempat wisata ini merupakan peternakan kuda dengan suasana pedesaan. Pengunjung bisa menunggang kuda mengelilingi lembah hijau nan asri.

Selain peternakan kuda, Lembah Durian Farm Stable juga memiliki kebun durian yang bisa dikunjungi wisatawan. Jika musim buah datang, pengunjung bisa menikmati durian langsung dari pohonnya.

Lembah Durian berlokasi di Kedaung, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung. destinasi wisata ini cocok dikunjungi bersama keluarga.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com