Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalau Mie Diinfus Tinta Cumi...

Kompas.com - 27/03/2008, 13:57 WIB

Ternyata bukan cuma manusia saja yang diinfus. Di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, ada rumah makan yang menyediakan makanan yang diinfus. Namanya Mie Item. Sesuai dengan namanya, tentu saja mie yang disajikan juga berwarna hitam.

Begitu juga dengan interior rumah makan yang terletak di salah satu sudut Kemang Food  Festival itu. Didominasi dengan warna hitam, dengan design simple sehingga terkesan modern.

Beragam olahan mie hitam tersedia restoran milik Tia Wongso dan Olivia Wongso ini. Ada Ifumie Item, Mie Item Aglio Olio, Cwie Mie Item, Mie Item with Fermented Prawn, Mie Item Tempura Shoyu  hingga Rujak Krupuk Mie Item.

O ya, mie ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mie kuning yang sering kita konsumsi. Uniknya, warna hitam ini dikarenakan adonan mie diinfus dengan tinta cumi cumi untuk memunculkan warna hitam. Selain mie item, ada juga mie lain yang tak kalah menariknya, yakni mie pink. Jika mie pertama diinfus dengan tinta cumi cumi, mie yang kedua ini diinfus dengan tanaman, yakni bit.   

Saya memesan Mie Item Temura Shoyu dan Rujak Krupuk Mie Item. Untuk menu terakhir, mie saya ganti dengan mie pink. Sedangkan teman saya memesan Mie item Aglio Olio. Wah, bukan cuma mienya yang menarik. Cara penyajiannya juga unik. Disuguhkan dalam karton berwarna hitam, seperti makanan yang dibawa pulang alias take away.     

Mie yang saya pesan adalah mie dengan tempura dengan kuah shoyu di dasar mie. Ketika menyantapnya, saya mencoba mencari cari rasa cumi cumi di setiap lembar mie. Tidak ada rasa cumi atau pun tintanya yang amis, melainkan mie dengan rasa gurihnya yang khas. Kolaborasi antara tempura, mie item dan kuah shoyu yang segar menghasilkan rasa yang unik di lidah.

Begitu juga dengan menu aglio olio. Mengadosi spaghetti dengan nama senada, mie ini dimasak dengan cara sederhana. Ditumis dengan bubuk cabe dan bawang putih dalam minyak zaitun. Hmm…nyam nyam.
 
Sesudah mie item, saya berganti dengan mie pink yang sudah diolah menjadi krupuk karena di goreng garing dalam menu rujak krupuk  Selain mie yang kriuk kriuk, ada juga campuran bakwan, tahu, timun, udang, tempe dan tauge dengan kuah yang asam dan segar. Benar benar menu penutup yang pas…..  

---

Mie Item
Kemang Food Festival
Jl Raya Kemang No 196
Jakarta                   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com