Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo Cicipi Makanan Unik Nusantara

Kompas.com - 08/05/2008, 13:24 WIB

JAKARTA, KAMIS - Festival Jajanan Bango (FJB) kembali digelar untuk yang keempat kalinya. FJB 2008 merupakan momen yang istimewa karena bertepatan dengan ulang tahun Kecap Bango ke-80.

Acara yang akan mengusung tema "80 Tahun Bango, Kualitas Sepanjang Masa" ini akan menghadirkan 80 makanan tradisional khas dari masing-masing kota. "FJB 2008 merupakan bukti kualitas Bango dari tahun 1928 sehingga perayaan kali ini harus lebih istimewa, menampilkan 80 jenis makanan tradisional yang tidak biasa tapi ikonik dan dipersembahkan oleh para penjaja makanan tradisional yang terkenal di daerah masing-masing," ujar Brand Manager Kecap Bango Memoria Dwi Prasita dalam acara peluncuran FJB 2008 di Jakarta, Kamis (8/5).

Jika FJB 2007 hadir di empat kota, FJB kali ini hanya digelar di tiga kota mulai dari Mei hingga Agustus 2008, yaitu Surabaya, Bandung dan Jakarta. Di masing-masing kota juga akan hadir 8 Duta Bango dari Surabaya, Malang, Yogyakarta, Makassar, Bogor, Solo dan Medan. Makanan-makanan unik tersebut antara lain Ketoprak Ciragil dari Jakarta, Nasi Bug Trunojoyo dari Malang dan Soto Udang Racikan RM Rinaldy dari Medan.

FJB 2008 juga akan menampilkan berbagai macam kesenian tradisional dalam rangkaian acaranya. Memoria juga menambahkan bahwa Kecap Bango kembali menggelar FJB ini merujuk kepada keberhasilan tiga FJB sebelumnya untuk menanamkan kecintaan kepada masyarakat terhadap warisan kuliner nusantara. Acara peluncuran FJB 2008 juga diramaikan oleh kehadiran Udjo Project Pop dan Syaharani yang menjadi pembawa acara Bango Cita Rasa Nusantara (BCRN) di berbagai daerah. (LIN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com