Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Sekolah, Kebun Raya Bogor Lengang

Kompas.com - 05/07/2008, 20:40 WIB

BOGOR, SABTU - Selama sepekan libur sekolah, jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor atau KRB tidak meningkat, bahkan dalam sepekan terakhir rata-rata hanya 3.828 tiket yang terjual.
    
Berdasarkan pengamatan ANTARA di KRB, Sabtu, lokasi-lokasi yang biasanya ramai dikunjungi, seperti di kolam dekat pintu masuk utama, lapangan dekat kafe dedaunan, taman anggrek, dan kolam teratai, tampak sepi.
    
Para pengunjung umumnya adalah keluarga atau kelompok warga yang ingin menikmati nuansa alam berudara segar di tengah kota. Mereka duduk-duduk di atas tikar yang dibentangkan di rumput sambil menikmati makanan yang dibawa dari rumah.

Tampak juga rombongan warga dari sebuah perumahan di Kota Cilegon yang mencarter dua bus di dekat kantor pengelola KRB. Adapun di lapangan dekat museum zoologi juga ada pasangan pengantin yang merayakan resepsi dengan memasang tenda.

Seorang warga Kota Cilegon, Zubaedah, bersama para tetangganya sengaja berlibur ke Bogor dan mengunjungi KRB. Ia baru pertama kali mengunjungi pusat konservasi tumbuhan tersebut.

"Di Kebu Raya Bogor banyak pohon-pohon besar dan udaranya segar. Juga museum zoologi yang ada kerangka ikan paus raksasa," katanya.

Staf Tata Usaha KRB, Riyono, mengatakan, selama musim libur sekolah, pengelola KRB tidak menyediakan fasilitas khusus ataupun menambah personel, seperti petugas keamanan ataupun kebersihan.

"Pada musim libur ini pengelolaannya sama, hanya dibagi menjadi hari kerja dan hari libur," katanya.

Pada hari kerja KRB membuka dua pintu masuk, yakni pintu utama di dekat pasar Bogor dan pintu IV di Jalan Raya Pajajaran dekat kampus IPB. Sementara itu, pada hari Minggu dan hari besar selain kedua pintu tersebut juga membuka pintu II di Jalan Juanda, dekat kantor pos.

"Baik hari kerja maupun hari libur harga tiket masuk sama saja, Rp 9.500 per orang plus fasilitas mengunjungi museum zoologi," katanya.

Harga tiket ini sudah mengalami kenaikan sejak Januari 2008 dari Rp 5.000 per orang. Riyono mengatakan, jumlah pengunjung terbanyak selama sepekan ini tercatat pada hari Minggu (29/6) sebanyak 8.201 orang. Sedangkan pada hari biasa jumlah pengunjung berkisar antara 2.000 hingga 3.000 orang.

 Jumlah ini mengalami penurunan dibandingkan dengan sebelum kenaikan harga tiket, yang mencapai rata-rata 10.000 orang pada hari libur dan sekitar 4.000 hingga 5.000 orang pada hari biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com