Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belitong, Pesona Formasi Batu Granit

Kompas.com - 14/10/2010, 15:33 WIB

KOMPAS.com — Simon Bailey, wisatawan asal Austria yang mengikuti Sail Indonesia 2010, tidak melewatkan waktu sedikit pun tanpa memotret hamparan batu granit yang berada di pesisir Pulau Babi dan sekitarnya di Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, Selasa (12/10/2010) siang. Dia terus berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain demi mendapatkan gambar terbaik.

Gumpalan awan putih di langit biru membuat Simon makin antusias. ”Formasi batu granit di sini (Belitong) sungguh indah dan fantastis. Saya belum pernah melihat keindahan formasi batu granit seperti ini di negara lain,” kata Simon.

Simon yang baru pertama kali mengunjungi Indonesia mendapat informasi tentang Belitong dari internet. Dia penasaran dan ingin melihat langsung pesona tersebut.

Nancy asal Amerika Serikat juga tidak henti-hentinya mengagumi pesona batu granit dan pasir putih di Belitong serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. ”Pulau ini sungguh indah. Masyarakatnya pun sangat ramah. Saya pasti akan datang lagi ke Belitong untuk menikmati keindahannya,” kata Nancy.

Dia mengikuti Sail Indonesia 2010 bersama suaminya, Chris. Mereka memulai petualangan dengan menggunakan perahu layar bertiang tinggi dari Darwin, Australia, pertengahan Juli 2010. Dari sana mereka menyinggahi Kupang, Alor, Komodo, Wakatobi, Bali, Karimun Jawa, dan terakhir di Belitong sebelum menuju Singapura dan kembali ke negara asalnya.

Selain Simon, Nancy, dan Chris, masih ada 84 wisatawan asing peserta Sail Indonesia 2010 yang menyinggahi Belitong sejak Minggu (10/10/2010). Di pulau itu mereka tinggal selama enam hari dan difasilitasi pemerintah daerah mengunjungi sejumlah lokasi untuk menikmati panorama, menonton atraksi budaya, dan mengisi bahan bakar.

”Kehadiran peserta Sail Indonesia tidak langsung membuat masyarakat dan pemerintah daerah di Belitong menikmati hasilnya. Kami berharap melalui mereka tersebar informasi sehingga makin banyak wisatawan asing berkunjung ke Belitong,” kata Bupati Belitung Timur Basuri Purnama.

Belitong merupakan satu dari dua pulau besar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Di pulau itu tersebar banyak pantai berpasir putih dengan laut biru jernih dan terumbu karang.

Pasir putih dan laut itu dibingkai hamparan batu granit kecil dan besar hitam kecoklatan yang tersusun menawan dan sangat menggoda untuk diabadikan dengan kamera.

Tolak tambang

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com