Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parade Nusa Dua Fiesta Digelar Hari Ini

Kompas.com - 15/10/2010, 19:40 WIB

NUSA DUA, KOMPAS.com - Ribuan penonton, termasuk wisatawan mancanegara, menyaksikan parade Nusa Dua Fiesta (NDF) 2010 yang digelar di Pulau Peninsula, Nusa Dua, Bali, Jumat (15/10/2010) sore.

Pada kegiatan yang akan berlangsung hingga 19 Oktober 2010 itu tampak ratusan wisman berbaur dengan warga masyarakat untuk menyaksikan parade seni budaya NDF yang bertemakan "Green Tourism".

Parade tersebut diawali dengan pawai ogoh-ogoh (boneka raksasa) Kebo Iwa yang diiringi gamelan gong bleganjur. Ogoh-ogoh tersebut merupakan ikon NDF. Selanjutnya, penampilan ogoh-ogoh gurita serta binatang laut lainnya sebagai simbol untuk pelestarian lingkungan hidup. Ada juga pementasan marching band dari Universitas Udayana.

Semua parade tersebut dipentaskan di depan panggung kehormatan, yang disaksikan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, Menteri BUMN Mustafa Abubakar, Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Bali (BTDC) I Made Mandra, Ketua Umum Panitia NDF 2010 I Gusti Ketut Purnaya serta undangan lainnya.

Seorang wisatawan Australia, Albert Philp mengaku kagum menyaksikan seni budaya dalam ajang Nusa Dua Fiesta ini, karena beragam budaya Bali mampu dipentaskan dalam satu areal tersebut.

"Saya sangat terkesan dengan penampilan para seniman Pulau Dewata. Saya tidak terbayang akan dapat menyaksikan penampilan seni yang spektakuler ini," kata Albert didampingi istrinya.

Menyaksikan berbagai kesenian di Bali ini sudah tentu menjadi pengalaman yang tidak bisa dilupakan begitu saja. "Setelah saya kembali ke Australia, pengalaman ini saya akan ceritakan kepada keluarga dan teman-teman di sana," katanya.

Kegiatan yang digelar selama lima hari ini diisi dengan berbagai seni budaya dan pertunjukan kesenian serta pameran dari 18 provinsi, 28 kabupaten/kota, 36 instansi pemerintah serta hotel-hotel di kawasan Nusa Dua. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com