Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Sate Brutu sampai Sate Lilit

Kompas.com - 05/12/2010, 18:51 WIB

KOMPAS.com - Aneka aroma sedap mengusik hidung saat melintasi stan-stan yang berjejer di acara Pesona Kuliner Nusantara di Monas, Jakarta, Sabtu (4/12/2010). Di sini tersaji berbagai kuliner Indonesia. Ada 50 stan makanan dan minuman yang bisa Anda coba.

Beberapa pengunjung tampak bingung saat memilih makanan. Indri dan Suryo, pasangan yang sengaja datang ke Monas untuk icip-icip makanan di ajang ini, akhirnya memilih Mie Kocok Bandung.

Ada beragam makanan yang disajikan di Festival Kuliner Nusantara yang berlangsung 4-5 Desember 2010.

Sate Telesketep Salah satu stan menjual aneka masakan khas Jawa Timur. Menu yang menarik adalah Sate Telesketep yang terbuat dari brutu. Brutu adalah ayam bagian pantat. Harga satu porsi berisi tiga tusuk sate Rp 9.000.

Mie Hijau Warna hijau dari mi ini memang menarik hati. Tapi tenang saja, mi ini tidak menggunakan pewarna buatan. Menurut Mila, pemilik dari Mi Jawara yang menjual Mie Ijo Ayam, warna hijau terbuat dari sayuran hijau. Bahkan Walikota Jakarta Pusat saat meresmikan acara, sempat lama bertandang di stan ini untuk menikmati mi hijau. Mi merupakan buatan sendiri Mie Jawara. Mila menuturkan mi buatannya tanpa MSG dan tanpa pengawet.

Ayam Betutu Stan satu ini memiliki aneka menu khas Bali. Anda perlu mencoba Sate Lilit yang terbuat dari ikan dengan aroma kelapa yang harum. Tapi, menu yang harus Anda coba adalah Ayam Betutu. Masakan ini jarang ada di Jakarta. Kalaupun ada, harganya lumayan mahal karena harus beli satu ekor. Di stan ini, Anda bisa menikmati Ayam Betutu dengan kocek kurang dari 20 ribu untuk satu porsi.

Bakso Kaget Bakso isi jagung, bakso isi udang, bakso isi daging, bakso isi keju, bakso telur, bakso isi jamur, bakso hilang isi, bakso isi cincang. Terdengar menggiurkan? Tapi Anda tidak bisa memilih bakso isi yang Anda inginkan. Bakso Kaget memang unik. Saat disajikan, konsumen tidak tahu bakso apa yang didapat. Karena itu konsepnya "Tebak Isinya Apa". Ada pula bakso granat yaitu bakso isi cabe. Nah, untuk bakso granat tidak perlu khawatir jika Anda tidak doyan pedas. Karena bakso granat baru dimasukan jika Anda memang memesannya.

G-8ucks Namanya sepintas mengingatkan kita pada sebuah kedai kopi milik Amerika yang terkenal. Cup kecil lengkap dengan tutupnya ini berisi kopi arabika. Harganya hanya Rp 5.000.

Selain makanan-makanan yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa mencicipi Pempek Palembang, Gudeg Jogja, Mie Kocok Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com