Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyiknya Wahana Pakecehan di Boyolali

Kompas.com - 03/01/2011, 06:04 WIB

BOYOLALI, KOMPAS.COM - Memperkenalkan anak-anak sedini mungkin dengan air adalah tema sentral wahana di obyek wisata air Umbul Tlatar, Desa Kebonbimo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Hal itu seperti terlihat pada Minggu (2/1/2011) di wahana Pakecehan yang menyatu dengan arena kolam renang di wisata sumber air Tlatar, Dukuh Tlatar, sekitar 1 kilometer arah timur kota Boyolali.

Di arena ini, anak-anak mulai dari bawah lima tahun sampai kurang dari 12 tahun dapat bermain air di kolam yang luas dan tertata mirip sungai kecil berarus deras. Sebagai wisata air yang memiliki sumber mata air dari kawasan Pegunungan Merapi-Merbabu, air di Tlatar benar-benar mengalir terus selama 24 jam dan jernih.

Di wahana Pakecehan ini terdapat tiga sumber aliran air yang mengalir deras memasuki kolam wahana yang terdiri dari empat kolam. Kolam-kolam itu didesain seperti sungai alami dengan tatanan batu-batu yang dapat dinaiki atau dilewati anak-anak dengan mudah.

Dalam kejernihan air inilah anak-anak bisa menyaksikan aneka ikan, seperti ikan gurami, ikan nila, dan ikan emas, yang memang ditebar dan dipelihara. Namun, anak-anak pun bisa bebas menangkap ikan dan udang alami yang berkembang di kolam.

"Sulit menemukan sungai yang jernih ini di dataran rendah di wilayah mana pun di Jateng. Sungai yang mengalir jernih ini biasanya hanya terdapat di kawasan hutan dengan ketinggian yang sulit dijangkau orang awam. Tapi, di Tlatar, kita bisa mengajak anak-anak menyatu dengan alam," ujar Pitoyo, pengunjung asal Bandung, Jawa Barat, yang berkesempatan mengajak kedua anaknya ke wahana Pakecehan di Tlatar.

Kolam wahana Pakecehan ini juga dilengkapi saung-saung yang dibangun di tepian kolam. Di atas saung seperti restoran terapung itulah pengunjung bisa memesan dan makan aneka masakan ikan air tawar siap saji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com