Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow... Gurihnya Lemak Kepala Udang

Kompas.com - 25/01/2011, 08:04 WIB

KOMPAS.com — Penikmat seafood sebaiknya tak melewatkan tempat makan yang satu ini dalam daftarnya. Lihatlah, meski lokasinya nyempil jauh dari keramaian dan berdiri di antara truk raksasa di Pelabuhan Sunda Kelapa, yakni Jalan Baruna Raya, para artis kenamaan Ibu Kota pencinta seafood nyaris semuanya pernah mampir kemari. Mulai dari Daniel Mananta, Zaskia dan Anung Bramantyo, dan siapa lagi yah, banyak banget.

Saya hitung kasar ada 40-an foto dan tanda tangan yang dibingkai rapi dalam pigura. "Itu baru sebagian kecil, sebetulnya masih banyak lagi," kata Daeng Raja pemilik resto Seafood Pondok Baronang Daeng Raja ini ketika saya tanya tentang foto-foto tersebut. Wow …

Selain ramai didatangi para artis, resto ini juga menjadi incaran pengusaha kelas kakap hingga kelas teri seantero Jabotabek bahkan hingga Bandung. "Awalnya saya buka di kawasan sini karena mengincar bos-bos kayu (dulu di Pelabuhan Sunda Kelapa banyak gudang kayu). Menurut pengalaman, bos-bos kayu itu suka makan dan sekali mereka cocok mereka enggak cuma akan kembali, tapi juga membawa teman dan begitu seterusnya. Ternyata terbukti, meski sekarang di sini sudah nggak ada gudang kayu, tapi mereka tetap datang. Teman yang pernah mereka ajak pun juga tetap datang kemari," papar Daeng. Strategi yang luar biasa dari Daeng ya.

Paling Jago dalam Original Taste

Ketika kesana saya mencicip cukup banyak hidangan. Mulai dari udang galah bakar, kepiting saus padang, kepiting bakar, kerang saus padang, ikan baronang bakar, ikan bandeng bakar, dan ikan bawal goreng plus masih ada kangkungnya. Mantaaaf! Mari kita coba satu persatu.

Udang Galah Kepala Telur

Pencinta udang dijamin tak akan bisa berhenti mengupas dan menyerap lemak-lemak kepala udang yang ada di hadapan. Luar biasa, udang galah yang digunakan benar-benar pilihan. Ukurannya sangat jumbo. Alhasil ia menyimpan lemak di kepala yang terasa sempurna. Saking enaknya, pelanggan menyebutnya "Kepala Telur".

Pun dengan daging udangnya. Dimasak tak terlalu matang, udang ini ketika digigit mampu menimbulkan sensasi kress yang nagih banget. Dagingnya karena diproses dan disimpan secara benar, kesegarannya benar-benar terasa manis dan gurih. Udang ini makin terasa lemak nian ketika dicocol dengan sambal spesial dari Pondok Baronang. Sambal bercampur mangga muda yang sangat saya sarankan Anda beri sedikit perasan jeruk nipis dan kecap,… wowowowoowww sensasinya dijamin akan membuat anda kembali. Mantaaaf!!

Kepiting Bakar + Kepiting dan Kerang Saus Padang

Kepiting bakarnya saya suka dan saya yakin anak kecil juga suka. Karena kepiting ini memiliki rasa manis yang menawan. Dibumbu kecap dan mentega plus tambahan sedikit rempah, saus kepiting bakar ini mampu membuat saya menghilangkan kesedihan akibat jatah udang galah saya sudah habis. Hm,.. he-he-he …

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com