Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serba Jamur di Rumah Jamur

Kompas.com - 17/03/2011, 09:05 WIB

Oleh: Yulia Sapthiani

JAMUR bisa diolah menjadi beragam masakan lezat. Tersebutlah jamur tiram goreng yang renyah, sate jamur berasa seperti daging ayam, sup jamur, sampai tongseng jamur.

Cicipi saja aneka masakan dari beragam jamur yang berada di Rumah Jamur, Lembang, Bandung. Anda yang sebelumnya tak pernah makan jamur bisa-bisa akan ketagihan setelah mencicipi masakan di tempat yang berlokasi di pinggir jalan menikung di Jalan Raya Lembang 155 ini. Dari pusat Kota Bandung, tempat ini berjarak tempuh kurang dari satu jam. Sementara dari Lembang, posisinya juga tak begitu jauh, hanya 15-30 menit.

Untuk yang tak terbiasa makan jamur, Anda bisa memulai dengan mencicipi jamur tiram goreng tepung sebagai pembuka. Ini merupakan salah satu menu favorit. Selain cocok disantap dengan nasi hangat, jamur tiram goreng juga bisa jadi camilan karena wujudnya seperti keripik yang terasa kriuk-kriuk gurih di lidah.

Tak hanya itu, tekstur jamur dalam balutan terigu terasa menyerupai suwiran daging ayam. Tak ada bau atau rasa hambar yang biasanya terasa pada jamur. ”Saya memakai jarum tiram coklat karena kandungan airnya lebih sedikit dibandingkan jarum tiram putih. Jadi bisa terasa renyah. Sedangkan jamur tiram putih saat digoreng menyerap minyak lebih banyak,” kata Rivaldy, pemilik Rumah Jamur.

Sate jamur dan shiitake

Jarum tiram putih tidak cocok untuk digoreng dengan balutan tepung. Akan tetapi, jamur jenis ini bisa terasa seperti daging ayam ketika diolah menjadi sate. Dalam satu porsinya, sate jamur disajikan dalam enam tusuk. Sate jamur tiram di Rumah Jamur berasa sedikit manis. Rasa ini didapat karena ada sentuhan bumbu sate ala Makassar. ”Saya berasal dari Makassar. Kalau di sana, sate dibumbui dulu dan terasa agak manis,” kata Rivaldy.

Bagi penyuka rasa manis, sate jamur shiitake juga bisa menjadi pilihan. Menu yang termasuk baru ini dibuat dari jamur shiitake segar sehingga tak alot dan berbau seperti halnya shiitake kering yang bisa kita temukan di pasar swalayan.

Shiitake segar juga dipakai dalam menu brokoli cah jamur shiitake. Tersaji dengan bumbu kental, seperti umumnya masakan China, rasa tumis shiitake dengan brokoli yang renyah ini cukup gurih.

Selain dibuat tumisan, digoreng dengan tepung, dan dibuat sate, beragam jamur diolah menjadi masakan seperti tongseng, lumpia, nasi bakar, pepes, dan sup. Rivaldy, yang bersama keluarganya sudah berbisnis katering di Jakarta selama 15 tahun, memang sengaja mengolah jamur menjadi menu yang sudah akrab di lidah. Selain jamur tiram dan shiitake, jenis jamur lain yang sudah diolah di Rumah Jamur di antaranya jamur kuping, jamur merang, dan jamur ling zhi. ”Ini saya lakukan untuk menghilangkan pendapat kalau jamur itu tidak enak karena rasanya yang hambar,” kata Rivaldy.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com