Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Belajar kalau Tubuh Belum Kotor

Kompas.com - 27/06/2011, 08:54 WIB

TANGGALKAN pakaian mahal. Cukup mengenakan kaus dan bercelana pendek. Tanggalkan sepatu serta biarkan kaki digelitik sang bumi. Sesudah itu, marilah berpetualang dalam wisata berkemah di Taman Wisata Mekarsari, Kabupaten Bogor.

Selanjutnya, masuklah dalam sawah dan tanamlah padi sebatang demi sebatang dengan cara berjalan mundur. Kaki jelas kotor dan bau lumpur sawah. Jangan dulu puas bila sudah bisa menanam benih padi. Tambahkan pengetahuan bertani dengan memandikan kerbau. Jangan menggunakan sabun jika memandikan kerbau, cukup dengan air. Bolehlah iseng menciprati sesama teman yang juga tengah memandikan kerbau biar melengkapi keceriaan teman dan keluarga.

Wisata kemah di Outbound Adventure Taman Budaya Sentul City, Kabupaten Bogor, menawarkan beragam permainan dan kegiatan, mulai dari terbang dari satu pohon ke pohon lain, berjalan kaki di jalan setapak hutan pinus, hingga menyaksikan air terjun Gunung Pancar. Perjalanannya melalui kawasan pedesaan yang lengkap dengan sawah dan sungainya. Bagi mereka yang suka memasak, boleh juga mengambil kesempatan belajar membuat kue. Ada juga kegiatan membatik dan berkreasi dengan tanah liat hingga menjadi barang keramik sembari berwisata kemah.

Sementara bagi yang hobi berpetualang lebih menantang, mengayunlah dari satu pohon ke pohon lain sepanjang 160 meter di ketinggian bervariasi mulai 2 meter sampai 20 meter sesuai usia pohon di Bumi Perkemahan Cikole, Lembang, Jawa Barat. Tak hanya itu, tantangan lebih berat yang memicu adrenalin adalah berjalan dari satu pohon ke pohon dengan bantuan tali yang membentang di atas lembah. Jika belum puas dengan itu, silakan mengitari jalanan sepanjang 5 kilometer di hutan dengan menggunakan mobil khusus permainan ATV. Apabila masih belum puas, bisa juga untuk diulangi.

Silakan memilih mana lokasi berkemah yang cocok untuk mengisi liburan panjang anak-anak Anda. Akan tetapi, jangan lupa membawa perlengkapan perkemahan pribadi, termasuk lilin, senter, obat-obatan P3K, serta pakaian tahan dingin jika memilih berwisata kemah di daerah pegunungan dan hutan. Selamat menikmati liburan panjang.... (BRO/RTS/PIN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com