Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Papua Barat Tak Cuma Raja Ampat

Kompas.com - 23/07/2011, 16:23 WIB

KOMPAS.com — Papua Barat, kini, acap identik dengan Raja Ampat. Ya, salah satu kabupaten di wilayah provinsi tersebut memang menjadi ikon wisata. Beribu kota di Waisai, Raja Ampat menawarkan pesona wisata pantai dan keindahan laut dalam.

Kabupaten Raja Ampat memiliki 610 pulau. Dari jumlah itu, ada empat pulau besar, yakni Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo.

Lalu, dari jumlah pulau tadi, ternyata cuma 35 pulau yang berpenghuni. Lainnya, bahkan belum bernama.

Kendati demikian, sebagaimana pernyataan Kepala Perwakilan Papua Barat di Jakarta, Johni A Rumbarar, Pemerintah Provinsi Papua Barat berupaya untuk menjadikan semua kabupaten dan kotamadya menjadi daerah tujuan wisata. "Kami meluncurkan iklan layanan masyarakat tentang promosi potensi Papua Barat," kata Johni.

Gelaran promosi bertajuk "The Miracle of West Papua" ini bakal berlangsung dua hari pada Sabtu (23/7/2011) dan Minggu (24/7/2011), yang bertempat di Plaza Semanggi, Jakarta.

Lebih lanjut, Johni menerangkan, pihaknya juga ikut memperkenalkan Manokwari. Kota berpenduduk sekitar 150.000 jiwa itu adalah ibu kota Provinsi Papua Barat. Bandar udaranya bernama Rendani dengan panjang landas pacu 2.000 meter.

Kemudian, menurut Johni, pemerintah setempat mengembangkan wisata rohani, khususnya untuk pemeluk Kristen Protestan. Wisata tersebut ada di Pulau Mansinam.

Tak cuma itu, terang Johni, Kabupaten Sorong Selatan mengandalkan industri tradisional tenun ikat yang disebut kain timor. Wisatawan yang ingin mencicipi sirup pala harum bisa berkunjung ke Kabupaten Fakfak.

Wisata alam lain yang layak menjadi destinasi adalah Taman Nasional Teluk Cendrawasih di Kabupaten Teluk Wondama. Taman ini membentang dari timur Semenanjung Kwatisore hingga ke utara Pulau Rumberpon. Panjang garis pantainya 500 kilometer. Lalu, taman ini memiliki luas daratan 68.200 hektar.

Provinsi Papua Barat terdiri dari 10 kabupaten dan 1 kotamadya. Ke-10 kabupaten itu berturut-turut adalah Kabupaten Manokwari, Fakfak, Kaimana, Teluk Wondama, Teluk Bintuni, Sorong Selatan, Sorong, Raja Ampat, Maybrat, dan Kabupaten Tambrauw. Sementara satu kotamadya adalah Sorong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com