Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangkok yang Bersinar di Malam Hari

Kompas.com - 15/12/2011, 08:52 WIB
Neli Triana

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com -- Sampai pagi ini, masih terbayang betapa ceria dan bersinarnya malam di Bangkok, Thailand. Kehidupan malam tak selalu identik dengan kawasan merah (red light district, tempat pelacuran dan klub malam) tetapi tetap bisa begadang hingga malam bahkan bersama anak-anak dan pasangan kita, tetap dengan rasa nyaman dan aman.

Sepanjang berlayar menyusuri Sungai Chao Praya semalam, terlihat bagaimana pemerintah dan warga kota penuh hormat memperlakukan aliran air besar itu. Hotel berbintang, kuil, dan bangunan penting lain menghadap ke arah sungai. Lampu-lampu dan hiasan sengaja dipasang makin mempercantik bangunan-bangunan tersebut. Sungguh pemandangan memukau dari atas kapal.

Ada tumpukan enceng gondok dan sedikit sampah yang terlokalisasi. Kata petugas di kapal wisata, secara rutin eceng gondok dan sampah dibersihkan oleh pihak berwenang. Sungguh, meski Chao Praya berair coklat tak beda sebenarnya dengan sungai-sungai di Indonesia, tetapi orang nyaman berdekatan dengannya karena tidak ada bau menyengat atau kotoran di dalamnya.

Saat bersantai di atas kapal, ada musik hidup dengan penyanyi yang bisa membawakan lagu dari berbagai negara termasuk Kopi Dangdut dan Begadang. Terlihat tua dan muda, lelaki perempuan bisa membaur melantai bersama.

Santana, seorang pemandu wisata lokal mengatakan, bahkan jika seorang perempuan berjalan sendiri di malam hari, keamanannya terjamin. "Ada petugas khusus yang patroli rutin mengelilingi tempat wisata," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com