Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mi Ayam Pincuk, Rugi kalau Tidak Mencoba!

Kompas.com - 29/12/2011, 12:48 WIB

KOMPAS.com — Mi ayam di atas pincuk daun pisang adalah mi ayam yang harus dicoba apabila Anda berkunjung ke Kota Malang, Jawa Timur. Di Malang, mi ayam lebih dikenal dengan nama cwie mie. Ada beberapa macam rasa pilihan mi ayam bakso, pangsit kuah, pangsit goreng, jamur, dan mi ayam lengkap.

Mi ayam pincuk bisa Anda temui di Cafe Harmoni, Jalan Bromo, Malang. Sepengetahuan penulis mi ayam pincuk, baru ada satu tempat di Kota Malang. Terinspiransi konsep kafe yang tradisional dan eksotis, maka terpikirkan wadah yang unik, yaitu anyaman bambu berbentuk pincuk dan dilapisi daun pisang.

Ayam yang ditabur di atas mi terasa gurih sekali. Pangsit gorengnya juga terasa renyah dan gurih. Jamurnya yang berwarna hitam dimasak dengan kecap manis sehingga terasa segar. Kuahnya diletakkan terpisah di atas mangkok. Mi ayam yang berwarna kuning terasa kontras dengan taburan gorengan bawang merah.

Harga mi ayam mulai Rp 14.000 sampai Rp 20.000, harga untuk yang paling lengkap dengan ditabur jamur kecap, bakso sapi, pangsit goreng, pangsit kuah ditata rapi, dan daun sayur selada ditata di pinggir pincuk. Rasa bumbu ayamnya terasa pas di lidah sehingga ada sensasi ingin cepat-cepat menghabiskannya, sewaktu panas dan baru dihidangkan.

Menu Cafe Harmoni tidak hanya mi ayam. Ada menu Indonesia lainnya, seperti sate, gurame, nasi goreng, dan ayam bakar. Menu seafood dan bermacam-macam sop tersedia juga di sini. Asam-asam bandeng, kepala ikan, dan iga menjadi menu favorit.

Mau masuk menuju ruang bersantap, kita melewati dulu selasar yang dihias kursi antik kayu dilengkapi hiasan topi anyaman dan jendela kayu bertirai batik. Semua mebel didominasi warna coklat. Tempat-tempat duduknya ada yang separuh model lesehan, dan separuh meja-kursi.

Ruang tempat bersantap dilengkapi ruang bermain anak, kolam ikan, air mancur sehingga makan di sini membawa anak-anak bisa bermain dengan bebas. Ada ayunan kuda-kudaan di depan kolam yang sangat asyik bagi anak-anak untuk bermain sambil menunggu orangtuanya selesai makan.

Yang menarik, supaya bisa dapat diskon makanan sepuluh persen, pengunjung harus menunjukkan tweet di kasir tentang Cafe Harmoni dengan kata-kata apa saja. Dengan begitu, bon makanan Anda langsung mendapat potongan harga. (Asita DK Suryanto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com