Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama, Wafel, dan Ayam Goreng

Kompas.com - 08/02/2012, 09:55 WIB

Oleh: Sarie Febriane

Seperti apa rasanya perpaduan wafel, ayam goreng, dengan guyuran sirup maple? Presiden Amerika Serikat Barack Obama sempat mendadak ngidam makanan ini. Restoran Roscoe’s di Los Angeles menjadi saksinya.

Kelaparan di tengah dinginnya udara malam Los Angeles pada awal Januari lalu terasa bagai siksaan yang memilukan. Atas usul seorang kawan, merapat ke restoran Roscoe’s adalah keputusan bijak bagi perut yang tengah merana. Sasarannya adalah santapan aneh tadi, wafel dengan ayam goreng.

”Obama pernah tiba-tiba mampir di Roscoe’s waktu kunjungan ke LA. Bengong deh orang satu restoran,” cerita Endah Redjeki, warga negara Indonesia yang tinggal di Los Angeles County, California, Amerika Serikat.

Seperti cerita Endah itu, Obama, wafel, dan ayam goreng memang menjadi kisah tersendiri yang sempat ramai diulas media massa lokal di LA, Oktober 2011. Ketika itu, protokoler kepresidenan mendadak dibuat sibuk oleh Sang POTUS (sebutan khas President of the United States) yang tiba-tiba ingin mampir di Roscoe’s saat rombongan kendaraannya melintasi West Pico Boulevard. Obama lalu memesan sendiri menu nomor sembilan, yakni ”country boy”, berupa tiga potong sayap ayam goreng dengan pilihan wafel dan kentang goreng.

Sepotong narasi tadi membuat lidah kian tak sabar ingin segera mencicipi makanan itu. Di salah satu cabang Roscoe’s di Pasadena, kami terpaksa mengantre sekitar 15 menit di luar restoran karena semua meja penuh. Pengunjungnya tampak dari berbagai suku bangsa. ”Dari dulu seperti ini, selalu penuh,” ujar Endah.

Provokatif

Setelah memesan menu, pelayan perempuan berwajah Latin mengantarkan dua piring besar dengan isi yang provokatif. Dalam satu piring saja, dua wafel tebal terlentang bersama tiga potong besar ayam goreng! Di atas tumpukan wafel itu sebongkah mentega kocok mulai melumer oleh hangatnya wafel. Sang pelayan kemudian menyodorkan dua gelas kecil berisi sirup maple yang harumnya khas.

Endah lalu mengajarkan cara menyantap makanan yang dijuluki soul food ini. Mentega kocok tadi dipulas rata di atas permukaan wafel, lalu guyur dengan sirup maple sesuka hati. Bagian dalam wafel rupanya tak terlalu padat dengan rongga-rongga halus yang menjanjikan sentuhan tekstur yang lengas dan lembut di permukaan lidah.

Setelah sepotong besar wafel disetorkan ke mulut dengan garpu, giliran ayam gorengnya cukup disikat dengan tangan kosong. Begitulah, pisau, garpu, dan tangan kosong silih berganti beradu tangkas selama menyantap wafel dan ayam goreng.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com