Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemilau Senja di Pulau Saronde

Kompas.com - 09/02/2012, 11:08 WIB

Oleh: Aris Prasetyo

BELUM lengkap berkunjung ke Gorontalo jika tidak singgah ke Pulau Saronde, sebuah pulau kecil di Laut Sulawesi, Kecamatan Kwandang, Gorontalo Utara. Di pulau seluas dua hektar itu, Anda disuguhi pesona pantai berpasir putih dengan laut yang jernih serta keelokan matahari terbenam. Di sana pula pengunjung dibolehkan berkemah di alam terbuka.

Tidak sukar menuju ke Saronde. Dari Kota Gorontalo, perjalanan ditempuh dengan mobil selama 2,5 jam menuju ke arah timur, persisnya ke Pelabuhan Kwandang, Gorontalo Utara. Selanjutnya, melalui laut menggunakan perahu ketinting dengan tarif Rp 20.000 per orang untuk pergi-pulang ke Saronde. Perjalanan lewat laut ini hanya memakan waktu 45 menit.

Dalam perjalanan laut, para pengunjung akan melewati Pulau Ponelo, sebuah pulau yang dihuni sekitar 500 keluarga. Pulau ini pernah menjadi proyek percontohan penggunaan pembangkit listrik tenaga surya dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pada tahun 2004. Di sekitar Pulau Saronde, tampak juga gugusan pulau yang luasnya tak jauh berbeda dengan luas Saronde. Pulau-pulau itu adalah Lampu, Bogisa, Mohinggito, dan Otilade.

Setiba di Saronde, pengunjung akan disambut Yamin Karim (45), petugas dari Dinas Pariwisata Kabupaten Gorontalo Utara. Sehari-hari, Yamin selalu berjaga sekaligus mengelola Saronde sejak pukul 07.00 Wita hingga matahari terbenam. Jika ada tamu menginap di Saronde, Yamin bersama istrinya, Husna Patamani (46), turut berjaga di Saronde melayani segala keperluan tamu.

Sebagian kontur Pulau Saronde berupa hutan dengan aneka macam pepohonan. Sisanya berupa tanah datar yang menjadi area wisata. Di lahan itu berdiri dua cottage berbentuk panggung berdinding kayu serta bangunan yang menjadi tempat tinggal petugas penjaga. Selain itu, ada pula bangunan serba guna berbentuk aula serta tiga buah saung yang letaknya berpencar di tepi pantai.

Dua pilihan

Dengan kondisi seperti itu, ada dua pilihan bagi wisatawan untuk menginap di Saronde. Yang pertama adalah menyewa cottage dengan tarif Rp 150.000 per malam atau membawa tenda sebagai pilihan berwisata di alam terbuka. Keuntungan membawa tenda adalah tamu tidak dipungut biaya apa pun, termasuk tarif ”masuk” ke Pulau Saronde.

Dua cottage di Saronde yang berbentuk panggung bisa dihuni masing-masing empat orang. Di dalam cottage tersedia tempat tidur dan kamar mandi. Harga sewanya pun murah, hanya Rp 150.000 per malam.

Untuk urusan makan, tersedia dua pilihan di Pulau Saronde. Pengunjung membawa makanan sendiri atau diserahkan kepada Yamin Karim dan istrinya, Husna Patamani, yang jadi penanggung jawab Saronde.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com