Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Kepiting dengan Berbagai Macam Rasa

Kompas.com - 24/02/2012, 10:05 WIB

KOMPAS.com - Ingin merasakan pepes kepiting, abon kepiting, kepiting goreng dan kepiting saos aneka rasa datanglah ke Restoran Dandito di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur yang menciptakan inovasi berbagai macam rasa kepiting.

Menu andalannya adalah kepiting rasa saos dandito. Rasa saos yang berwarna merah dan kental ini sengaja diciptakan dari hasil eksperimen pemiliknya, Rudy Setiawan yang telah mencoba selama satu tahun bermacam-macam bumbu dapur sebelum memulai membuka restorannya. Nama Dandito diambil dari nama anak kedua laki-laki pemiliknya Rudy Setiawan.

Kepiting saos dandito hasil campuran dari bumbu serba merah yaitu jahe merah, tomat merah, bawang merah, gula merah, dan cabe merah. Hasilnya rasa bumbunya begitu pas di lidah rasa campuran asam, manis dan pedasnya.

Saos cairannya bumbunya agak kental berwarna merah campur orange dan kelezatannya terasa mengalir di  lidah, sangat pas  di makan bersama roti mantow yang berbentuk bulat-bulat kecil. Roti yang khusus disuguhkan untuk teman makan kepiting saos dandito.

Ukuran saos bumbunya setiap porsi sekitar satu liter kuah saos, Jadi Anda bisa bayangkan berapa banyak yang harus dimasak untuk bumbu saos bumbunya bisa sekitar  satu drum banyaknya setiap hari stok untuk bumbu saosnya.

Menu lainnya dari kepiting adalah kepiting saos tiram, asam manis, lada hitam, goreng mentega, rebus masak tim, goreng bawang putih dan sop kepiting asparagus.

Saos lada hitam yang berwarna hitam dan kental juga banyak disukai pengunjung karena rasa pedasnya dari lada hitam sangat menyengat lidah bagi penikmat kuliner yang  suka pedas. Membuat pengunjung ketagihan untuk terus menyiram kepitingnya dengan saos lada hitam.

Bagi pengunjung yang tidak suka makan kepiting ada menu udang, ikan, cumi, daging, ayam yang digoreng atau dibakar, dan bermacam-macam saos. Untuk sayuran ada pilihan cah kangkung, cah sawi, cah taoge dan cap cay.

Restoran Dandito yang beroperasi sudah sepuluh tahun di Jalan Marsma Iwahyudi, Gunung Bakaran, Balikpapan juga sudah menerima delivery order di seluruh wilayah Jakarta dan Surabaya. Dandito bekerja sama dengan Yanny Libels, salah satu personel penyanyi Trio Libels untuk pemasaran Jakarta.

Di Bandara Sepinggan, Balikpapan juga tersedia counter khusus packing ukuran satu kilogram kepiting berbagai macam rasa sehingga penumpang pesawat dari Balikpapan tinggal membeli oleh-oleh kepiting Dandito di bandara saja dan tidak perlu harus mampir ke restorannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com