Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia-Banda Aceh Jajaki Kerja Sama Pariwisata

Kompas.com - 24/02/2012, 15:59 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Malaysia menjajaki kerja sama dengan Kota Banda Aceh di sektor pariwisata sebagai upaya meningkatkan jumlah kunjungan pelancong ke kedua kawasan tersebut.

Direktur Tourism Malaysia wilayah Sumatera, Suhaimi Abu Hassan Shaari di Banda Aceh, Kamis (23/2/2012) mengatakan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Kepala Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh, Reza Fahlevi guna membahas program kerja sama di sektor pariwisata.

"Kami telah merencanakan beberapa program yang akan dilakukan guna meningkatkan kunjungan pelancong dari Malaysia ke Aceh dan sebaliknya," katanya.

Menurut Suhaimi, program yang akan dilaksanakan oleh Malaysia dan Pemerintah Kota Banda Aceh saling menguntungkan kedua belah pihak dalam mewujudkan peningkatan jumlah kunjungan pelancong di masing-masing kawasan.

"Insya Allah April program ini akan berjalan. Wisatawan yang datang adalah yang berkualitas dan menguntungkan kedua belah pihak," kata Suhaimi didampingi PR Manager Tourism Malaysia, Ade Nova Zein.

Pada tahun 2012, Malaysia menargetkan jumlah kunjungan wisatawan asing yang berkunjung ke negara tersebut sebanyak 2,5 juta orang. Suhaimi optimistis jumlah kunjungan wisatawan di kedua kawasan akan terus meningkat pada 2012 menyusul adanya berbagai kegiatan dan program kerja sama dengan berbagai pihak.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh menyebutkan jumlah kunjungan wisatawan asing yang berkunjung ke provinsi itu pada 2011 didominasi oleh pelancong asal Malaysia mencapai 8.132 orang atau meningkat sebesar 53,6 persen dibanding tahun sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com