Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/02/2012, 10:57 WIB

Oleh Sri Rejeki

Dari namanya sudah mengisyaratkan ini merupakan makanan khas kota Solo. Masakan dengan paduan rasa gurih, manis, dan sedikit asam itu bisa ditemui di berbagai warung dan restoran di Solo. Salah satunya Warung Selat Mbak Lies.

Warung Mbak Lies terletak di Serengan Gang II/42, di tengah Kota Solo, Jawa Tengah. Selat solo ala Mbak Lies berisi bahan-bahan yang disebutnya memenuhi standar empat sehat. Ada rebusan wortel, buncis, kacang polong, kentang ditambah irisan tomat, daun selada, dan timun segar, serta telur dan daging. Agar sayur-sayurannya selalu terasa segar, ia hanya memasak dalam jumlah sedikit tetapi dilakukan setiap jam. Racikan bahan-bahan ini dilengkapi dengan mayones dan kuah serta irisan bawang merah segar.

Ada dua macam selat yang ditawarkan di Warung Selat Mbak Lies, yakni selat bestik dan selat galantin. Menu sayur-sayurannya sama, hanya pada selat bestik ditambah dua kerat daging yang empuk serta telur pindang atau telur yang dimasak dengan kecap, dilengkapi dengan ceriping kentang atau gorengan kentang yang diiris tipis.

Pada selat galantin, daging diganti galantin yang dibuat dari cacahan daging sapi ditambah bumbu-bumbu serta mentega, bawang bombai, lada, dan pala. Untuk telurnya, diganti telur kukus yang dicetak ke dalam wadah berbentuk bunga.

Kuah selat bestik lebih encer yang disebut kuah segar, sedangkan selat galantin bisa menggunakan kuah segar atau kuah saus yang lebih kental. Kuah selat dibuat dari air rebusan daging dan tulang sapi yang ditambah lada, pala, cengkeh, bawang bombai, gula pasir, garam, dan bawang merah. Untuk mayonesnya dibuat sendiri dari adonan mentega ditambah kentang, kuning telur, cuka apel, dan gula pasir.

Selain selat bestik dan galantin, pembeli juga bisa mencoba menu lain di Warung Mbak Lies, seperti tahu acar, gado-gado, sup manten, dan timlo. Harganya sangat terjangkau mulai dari Rp 7.000-Rp 9.500 per porsi. Untuk minumannya, selain jus aneka buah, juga ada es tape, es degan, es kolak, dan lainnya mulai dari harga Rp 2.500-Rp 12.000 per porsi.

Langgam jawa

Warung Mbak Lies di kampung Serengan menyatu dengan rumah tinggalnya. Ada aneka keramik berbentuk sepatu atau piring biru bergambar kincir angin, vas, boneka, atau perangkat pecah belah lainnya hingga lukisan yang ditata apik di dinding warung yang berada di halaman rumah.

Lies atau Lilies juga ”mendandani” para pegawainya. Setiap hari mereka memakai seragam tertentu, mulai dari tradisional seperti kain dengan baju lurik atau kebaya lengkap dengan cundhuk mentul-nya hingga baju bergaya noni-noni belanda, tidak lupa dengan kain penutup kepala. Semuanya dirancang oleh Lilies.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com