Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Murah dengan Kemah Wisata

Kompas.com - 27/02/2012, 17:09 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak semua anak-anak bisa ikut berdarmawisata karena faktor ekonomi masyarakat Indonesia yang beragam. Nah, solusi paling efisien adalah dengan ikut kemah wisata.

"Tidak semua anak-anak bisa darmawisata, yang pergi hanya kalangan tertentu, yaitu yang ekonomi kuat. Naik pesawat terbang, tinggal di hotel, tidak semua bisa. Kalau Pramuka bisa efisien, kita seadanya. Tidak menginap di hotel tapi di kemah, tidak makan di restoran tapi masak sendiri," kata Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Azrul Azwar di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (27/2/2012).

Ia mengungkapkan hal tersebut pada saat penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang peningkatan kemampuan anggota gerakan Pramuka di bidang kepariwisataan yang dilakukan antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka.

Oleh karena itu, pihaknya ingin memperkenalkan "Kemah Wisata". Sehingga, lanjut Azrul, anak-anak tidak mampu tetap dapat menikmati berwisata di destinasi-destinasi wisata unggulan Indonesia.

"Si anak bisa belajar menabung untuk darmawisata, tapi tetap biaya efisien. Selain itu, pariwisata tetap penting agar ia mengenal negaranya dan cinta negara sendiri," tutur Azrul.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu menambahkan selama ini Pramuka memang sudah biasa melakukan kegiatan kemah. Namun, tambahnya, "Kemah Wisata" memiliki konsep yang berbeda.

"Pramuka saat berkemah, lokasinya belum tentu lokasi wisata. Kalau 'Kemah Wisata', bisa kemah di sekitar Candi Borobudur dan peserta diajarkan skill seperti survival skill. Tapi juga bisa sambil berwisata dan dijelaskan tentang sejarah Candi Borobudur," jelas Mari.

Selain itu, lanjut Mari, saat berkemah juga peserta diberikan kriya wisata atau pengajaran yang berhubungan dengan pariwisata. Misalnya, bagaimana menjadi pemandu wisata yang baik. Apalagi, Pramuka identik dengan sifat-sifat kepanduan dan pelayanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com