Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternate Akan Kembangkan Wisata Kuliner

Kompas.com - 14/03/2012, 17:33 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Sejumlah wilayah di Kota Ternate, Maluku Utara akan dikembangkan menjadi obyek wisata kuliner.

Direktur PT Indoteranusa Jefri Layado di Ternate, Rabu (14/3/2012), mengatakan berbagai potensi wisata kuliner di daerah ini kurang dipromosikan. "Untuk itu, kita akan siapkan arealnya di sekitar pembangunan water boom, agar dijadikan sebagai wisata kuliner terutama bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah ini," ujarnya.

Jefri mengatakan, Kota Ternate sebagai Kota sejarah dengan berbagai peninggalan kolonial sangat potensial jika didukung dengan pengembangan wisata kuliner. Dalam rencana pengembangan dan pembangunan wahana Ternate Park atau water boom akan menyiapkan sejumlah tempat khusus untuk wisata kuliner.

Selain itu, kehadiran Ternate Park juga akan menyerap ratusan tenaga kerja dalam rangka membantu pemda menekan angka pengangguran terbuka di daerah ini.

Jefri Layado mengatakan, pihaknya akan memperhatikan tenaga kerja mulai dari proses pembangunan water boom hingga pengoperasian Ternate Park.

Ia mengungkapkan, dengan tenaga kerja yang direkrut dari daerah itu diharapkan dapat mengatasi pengangguran di daerah ini. Pekerja kasar lebih dari 120 orang akan direkrut pada pengerjaan pembangunan Ternate Park dan water boom.

Lahan yang digunakan seluas 6 hektar, sedangkan 2,6 hektar untuk membangun water boom dan sisanya akan dibangun pembangunan kuliner, cenderamata, mal dan halaman parkir.

"Tahap awal, akan dibangun water boom dan areal cenderamata maupun kuliner, arealnya akan menunggu pemkot dalam penimbunan bagian pesisir pantai lokasi Benteng Kalamata," kata Jefri.

Pembangunan water bom maupun areal kuliner diharapkan sudah bisa dimanfaatkan saat Ulang Tahun Kota Ternate pada Desember 2012. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com