Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saatnya Perkenalkan Potensi Wisata NTT

Kompas.com - 30/04/2012, 15:47 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pengurus Yayasan Cinta Bahari Indonesia (YCBI), Raymond Lesmana mengatakan, perlu ada penyelenggaraan Pra Sail Komodo 2012 untuk memperkenalkan seluruh wilayah terutama wilayah selatan Nusa Tenggara Timur kepada wisatawan.

"Pra kegiatan ini penting dilakukan karena rencana penyelenggaraan Sail Komodo 2013 adalah untuk menyatukan seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur dalam satu kesatuan paket wisata yang akan dijual kepada para wisatawan," kata Raymond Lesmana, di Kupang, Senin (30/4/2012), terkait dukungan yayasan itu terhadap pelaksanaan Sail Komodo 2013.

Raymond Lesama adalah Ketua Dewan Pembina Yayasan Cinta Bahari Indonesia yang menjadi perintis pelaksanaan Sail Indonesia selama sepuluh tahun terakhir, dengan menyinggahi juga sejumlah kabupaten di Nusa Tenggara Timur.

"Saya sudah usulkan kepada Pemerintah NTT supaya perlu ada Pra Sail Komodo yang kita bisa satukan dengan Sail Indonesia 2012 karena wilayah selatan Nusa Tenggara Timur belum dikenal wisatawan. Berbeda dengan wilayah utara yang selalu disinggahi wisatawan," katanya.

Wilayah selatan Nusa Tenggara Timur yang belum dikenal luas wisatawan adalah Rote Ndao, Sabu dan Pulau Sumba seperti Kabupaten Sumba Timur dan Sumba Tengah.

Menurut Raymond, jika usulan Pra Sail Komodo diterima, rute penyelenggaraan Sail Indonesia 2012 pada Juli mendatang akan diarahkan untuk menyinggahi wilayah-wilayah selatan Nusa Tenggara Timur. Dengan demikian, sudah bisa memperkenalkan wilayah selatan NTT kepada para wisatawan yang akan mengikuti Sail Komodo 2013.

"Selain itu, pemerintah daerah juga bisa lebih serius melakukan pembenahan infrastruktur pada destinasi-destinasi yang akan disinggahi peserta Sail Komodo 2013," kata Raymond

Mengenai persiapan pelaksanaan Sail Indonesia 2012, dikatakan bahwa jadwal keberangkatan peserta dari berbagai negara itu sudah ditetapkan 28 Juli dari Darwin dan dijadwalkan tiba di Kupang pada 31 Juli 2012.

"Hanya saja, rute-rute yang akan disinggahi peserta Sail Indonesia 2012 belum ditetapkan. Masih menunggu keputusan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, tentang apakah Sail Indonesia 2012 dijadikan sebagai Pra Sail Komodo atau tidak," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com