Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Panini Sepuasnya

Kompas.com - 04/05/2012, 07:41 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Masakan Italia di Indonesia biasanya seputar pasta dan pizza. Salah satu masakan Italia yang sederhana adalah Panini. Sekilas seperti sandwich atau roti lapis isi. Bedanya, setelah roti diberi isian, roti kemudian dibuat gepeng sekaligus dibakar.

Di restoran Orient8 yang berada di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, tamu bisa menikmati Panini sepuasnya. Panini menggunakan roti lonjong yang tebal. Lalu diberi isian ham dan keju. Tak terlupa salada dan sayuran lainnya. Sebagai penambah rasa, ditambahkan mustard dan mayonaise.

Roti kemudian dibuat gepeng dengan alat pemanggang dengan dua sisi panggangan yang berfungsi untuk menjepit roti. Menu sederhana, namun rasanya lezat. Selain Panini, tamu bisa menikmati hidangan bernuansa Perancis dan Pan Asia. Ya, Orient8 memang terkenal sebagai restoran yang mengusung kolaborasi cantik antara Perancis dan Pan Asia.

“Panini hanya tersedia Orient8 saat Sunday Brunch,” tutur Executive Chef Orient8, Florian Lamelot.

Sesuai namanya, Sunday Brunch di Orient8 tersedia hanya di hari Minggu mulai pukul 11.00-14.30. Sesuai konsep brunch, atau hidangan di antara jam normal sarapan dan makan siang, menu yang disajikan lebih ringan layaknya sarapan. Namun ada beragam menu yang ditawarkan secara prasmanan, seperti makan siang.

Anda bisa mulai dengan aneka sushi dan sashimi yang khas Jepang. Masih di area makanan laut yang dihidangkan secara mentah, sentuhan Perancis terasa di menu tiram mentah yang hanya diberi perasan jeruk lemon.

Lalu, coba ke menu kalkun panggang yang nikmat disantap dengan saus kaldu. Berlanjut ke hidangan klasik barat seperti cordon blue sampai steak. Lanjutkan pula ke hamparan kue dan puding manis sebagai hidangan penutup. Tak terlupa chocolate fountain yang hanya hadir di Sunday Brunch.

Tentu kurang rasanya brunch tanpa wine, terutama sparkling wine. Tak lengkap pula brunch ala Perancis tanpa keju. Nah, di Orient8, tamu dapat menikmati beragam pilihan keju yang cocok dinikmati dengan sparkling wine. Oleh karena itu, harga yang ditawarkan untuk buffet (prasmanan) saat Sunday Brunch dengan Rp 308.000 sudah termasuk keju, sementara Rp 448.000 harga sudah termasuk keju dan wine.

Keju-keju ini seakan pula selaras dengan Napoleon Bonaparte, kaisar penggemar keju. Ya, Orient8 menampilkan tokoh Napoleon Bonaparte berkacama hitam dan menggunakan sumpit, pada lukisan dinding sampai ke tatakan gelas.

Sang Napoleon seakan representasi pengaruh Perancis pada kawasan Indochina. Suasana elegan nan cantik menghadirkan suasana romantis di Orient8. Kursi-kursi ukiran dengan motif kain chinoiserie. Lalu tak hanya satu, tetapi ada banyak lampu gantung menghiasi langit-langit. Paduan warna emas khas China dan kelabu khas Perancis. Hanya di Orient8, makan Panini di bawah lampu gantung kristal nan mewah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com