Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati "Sunday Brunch" di Seminyak

Kompas.com - 06/05/2012, 07:32 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Brunch atau jamuan di antara jam normal sarapan dan makan siang biasanya disajikan dalam bentuk prasmanan dan mulai dihidangkan di jam 10.30. Atau, selambatnya jam 11.

Uniknya, sebagian besar restoran di hotel-hotel berbintang yang ada di Bali, sengaja terlambat menyediakan brunch, yaitu di pukul 12.00. Menurut Marketing Communication The Haven Seminyak, Sammy Neno, di Bali memang terbiasa menyajikan brunch saat jam makan siang.

"Kalau jam 10 atau jam 11, tamu-tamunya belum bangun," kata Sammy.

Ya, atmosfer Bali yang terasa liburan, membuat turis inginnya bangun telat dan bersantai-santai lebih lama. Bisa dibilang, brunch pun menjadi hidangan gabungan antara sarapan (breakfast) dan makan siang (lunch).

Tak terkecuali Sabeen Restaurant yang berada di The Haven Seminyak, Bali. Sunday Brunch pun memberlakukan jam yang sama. Agar perut tak kaget, mulai saja dengan makanan kecil sebagai hidangan pembuka ala canape.

Anda tak akan menemukan hidangan sushi dan sashimi ala Jepang ataupun makanan Indonesia, pun mi ala masakan China. Sunday Brunch The Haven Seminyak memfokuskan diri pada kuliner Mediterania.

Tak heran, hidangan yang banyak disajikan adalah menu-menu Barat terutama dari negara-negara Eropa yang berdekatan dengan Laut Mediterania. Sebut saja Italia, Yunani, Perancis, dan Spanyol. Ciri khas utamanya adalah penggunaan minyak zaitun dan metode memasak yang menitikberatkan pada panggang atau bakar dan rebus.

Karena berhubungan dengan Laut Mediterania, penggunaan bahan segar dari laut pun menonjol. Hal tersebut pun tampak dari station yang ada di Sabeen Restaurant pada saat Sunday Brunch. Beberapa station menampilkan bakar ala barbeque dengan sentuhan minyak zaitun.

"Ada sekitar 10 station. Konsepnya open kitchen (dapur terbuka). Mau makan yang mana terlebih dahulu, tergantung Anda. Jika Anda penggemar kuliner Perancis, bisa mencicipi foe gras dan ikan snapper yang dibakar," kata Executive Chef Sabeen Restaurant Clive Allan Pelser, Minggu (29/4/2012).

Penggemar masakan Spanyol, lanjut Pelser, dapat mencicipi pertama kali kuliner Spanyol di station hot dish (hidangan panas). Panas di sini tak sekadar masakan yang disajikan panas-panas, namun juga hentakan pedas dari cabai.

"Spanyol khasnya penggunaan cabai. Di station barbeque, juga ada yang khas Spanyol, udang dibakar dan diberi bumbu cabai," jelasnya.

Di hidangan panas, ada pula makanan khas Perancis yang langka ada di brunch, yaitu escargot atau keong. Escargot yang asin dimasak dengan jamur. Lembut jamur cocok dengan kenyal daging keong.

Sementara masakan Italia direpresentasikan ke station pasta. Selain itu, ada pula omelete station yang menyajikan olahan telur dadar dengan aneka isian sayuran dan bahan laut.

Di salah satu station yang menyediakan hidangan mentah, Anda harus mencoba tiram segar dengan perasan jeruk lemon. Tekstur lembut dengan selintasan aroma laut, begitu halus di lidah.

Tak boleh terlewatkan hidangan penutup. Kue dan puding manis. Lalu chocolate fountain atau air mancur cokelat. Colek marshmallow yang lembut ke cokelat cair yang mengucur. Buah dan es krim juga menjadi hidangan penutup yang manis.

Sunday Brunch tersedia mulai pukul 12.00 sampai 15.00. Harga Sunday Brunch Rp 329.000 untuk semua menu makanan prasmanan. Brunch tentu tak lengkap tanpa minuman cocktail dan wine. Tamu dapat membeli paket minuman seharga Rp 329.000 untuk menikmati aneka minuman sepuasnya, mulai dari sparkling wine, red wine, gin, vodka, tequila, cocktails, beer, jus, smoothies, teh dan kopi, serta mocktail.

Salah satu minuman yang direkomendasikan adalah Mango Margarita, berupa paduan jus mango dan margarita. Begitu menyegarkan dan ringan, cocok diminum di udara panas Bali sambil menikmati olahan laut dengan cita rasa Mediterania.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com