Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cantiknya Layang-layang Berlampu di Malam Hari

Kompas.com - 02/07/2012, 13:55 WIB
Endang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai bentuk, warna, dan ukuran layang-layang dari 18 negara dan 15 provinsi di Indonesia menghiasi langit Pantai Karnaval, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu (30/6/2012). Jakarta International Kite Festival (JIKF) ke-18 yang kali ini mengusung tema “Persahabatan Langit Biru” kembali hadir untuk memeriahkan ulang tahun Jakarta ke-485.

Acara yang diselenggarakan oleh Legong Kite Society dan Yayasan Masyarakat layang-layang Indonesia, bekerja sama dengan Pemerintah Daerah DKI Jakarta dan Taman Impian Jaya Ancol menghadirkan 150 pelayang.

"JIKF ke-18 adalah kegiatan untuk mempertemukan pemain layang-layang nasional dan international, " kata Ketua Pelaksana JIKF Sari Madjid saat pembukaan JIKF ke-18 di Pantai Karnaval, Jakarta, Sabtu (30/6/2012).

Festival JIKF ke-18 ini dibuka oleh Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Sukesti Martono yang ditandai dengan diterbangkannya layang-layang HUT ke-485 DKI Jakarta, layang-layang Ondel-ondel, layang-layang Enjoy Jakarta serta layang-layang JIKF.

Festival layang-layang bertaraf Internasional ini berlangsung selama dua hari, yaitu  Sabtu (30/6/2012) dan Minggu (1/7/2012) di Pantai Karnaval Taman Impian Jaya Ancol Jakarta. Tidak hanya ekshibisi oleh 18 negara, pada festival kali ini juga terdapat berbagai macam lomba untuk para pengunjung.

Para pengunjung dapat mengikuti Lomba Foto Layang-layang, Lomba Layang-layang Kreasi 2 Dimensi bertema “Persatuan” dan 3 Dimensi bertema “Jakarta”, Lomba Layang-layang Train, Lomba Layang-layang Tradisional, serta Rokkaku battle.

Para pengunjung yang ingin belajar bagaimana cara membuat layang-layang juga bisa mengikuti workshop pembuatan layangan dari kertas dan plastik bekas pada festival ini.  Pengunjung pun dapat melihat-lihat pameran layangan tradisional Indonesia. Selain itu, pengunjung dapat membeli layang-layang dari mulai yang kecil hingga berukuran besar di bazaar penjualan aneka jenis layang-layang pada festival ini.

Serunya, pada malam hari festival, ada acara penerbangan layang-layang berlampu. Keindahan malam yang ditambah dengan sinar-sinar dari layang-layang berlampu menghadirkan panorama yang cantik. Jika terlewatkan Jakarta International Kite Festival tahun ini, maka jangan lupa untuk hadir di acara serupa tahun depan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com