Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Weekend Yuk ke Cirebon...

Kompas.com - 27/07/2012, 07:55 WIB

KOMPAS.com - Bulan puasa bukanlah alasan untuk bermalas-malasan menghabiskan akhir pekan di rumah. Berlibur sambil berwisata religi, menjadi pilihan yang menarik untuk mengisi akhir pekan kali ini. Cirebon, ternyata bukan hanya menjadi gudang udang tetapi menjadi salah satu destinasi wisata yang menyimpan nilai sejarah, budaya, serta religi. Siapkan diri Anda untuk menapaki jejak sejarah dan budaya di Kota Udang Cirebon. Eits... jangan lupa untuk membawa contekan tim Weekend Yuk yah.

Jumat. Bukan hanya Yogyakarta yang memiliki istana indah di tengah kota, Keraton Kasepuhan Cirebon berdiri megah dengan sentuhan arsitektur China dan neo klasik Jawa. Di salah satu sudut keraton, kereta kencana menambah kemegahan Keraton Kasepuhan Cirebon.

Salah satu spot menarik yang tak jauh dari keraton adalah Gua Sunyaragi atau yang sering disebut juga Taman Sunyaragi. Pada masa kejayaan Keraton Kasepuhan Cirebon, taman ini digunakan oleh Sultan untuk bersemedi agar memperkuat rohani dan jasmani. Terdapat 12 gua yang tertata dengan cantik sesuai dengan fungsinya masing masing.

Sabtu. Berwisata di Cirebon belum komplet jika belum singgah di makam Sunan Gunung Jati, salah satu wali songo penyebar agama Islam di Indonesia. Bagi umat Muslim, saat yang tepat untuk berziarah di Kompleks Astana Gunung Jati.

Wisata kuliner di Cirebon wajib hukumnya. Jangan lupa untuk mencicipi langsung empal gentong asli Cirebon. Oya jika Anda tertarik mengetahui rahasia kelezatan empal gentong, silakan berkunjung ke Desa Gerabah Sitiwinangun. Anda dapat melihat langsung pembuatan gentong bahkan ikut membuat gentong Anda sendiri.

Minggu. Pulang berlibur tanpa buah tangan rasanya pasti ada yang kurang yah. Mampir ke Desa Trusmi dan deretan toko batik khas Cirebon akan menyambut Anda. Jangan lupa memborong Batik Mega Mendung yang menjadi kebanggaan Cirebon.

Sebelum mengakhiri libur akhir pekan kali ini, tak ada salahnya memberi hadiah diri Anda dengan relaksasi spa di Grage Sangkan Hotel.

Tak sabar berakhir pekan di Cirebon? Saksikan program "Weekend Yuk" episode "Pelesir Cirebon" di Kompas TV yang tayang hari Sabtu (28/7/2012) pukul 13.00 WIB. Anda juga bisa menontonnya di www.kompas.tv/live . Selamat menikmati akhir pekan Anda di Cirebon. Weekend Yuk! (Fitri Oktarini/Citrakalam/Desi Aritonang/Army Dwina)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com